Menanti Rekom PDIP dan Figur-figur Penantang Eri-Armuji di Pilwali Surabaya 2024

© mili.id

Eri Cahyadi dan Armuji (Foto: Dok. mili.id)

Surabaya - Eri Cahyadi-Armuji menjadi pasangan yang paling getol bergerak untuk mencari dukungan maju Pilwali Surabaya 2024.

Pasangan petahana yang pada pilwali Surabaya sebelumnya diusung PDI Perjuangan (PDIP) itu baru mengantongi rekom dari PKB.

Di sisi lain, DPP PDIP justru belum memberikan rekom kepada dua kadernya itu, meski usulan sudah dilayangkan DPC Surabaya dan DPD Jatim.

Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC), Surokim Abdussalam menyebut bahwa pasangan petahana Eri Cahyadi-Armuji masih cukup kuat. Namun bukan berarti tidak bisa dikalahkan calon lain di luar PDIP.

Dia menilai bahwa kontestasi pilkada dengan banyak pasangan calon akan lebih baik dibanding hanya satu pasangan calon saja.

"Surabaya memiliki banyak calon pemimpin, tidak hanya Eri-Armuji. Jadi sekuat-kuatnya incumbent, tetap butuh calon lain sebagai lawannya," tegas Pengamat Politik dari Universitas Trunojoyo Madura itu kepada mili.id, Selasa (4/6/2024).

Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC), Surokim Abdussalam (Foto Dok. Pribadi Surokim)Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC), Surokim Abdussalam (Foto Dok. Pribadi Surokim)

Surokhim mengatakan, selama ini usulan dari arus bawah DPC PDIP Kota Surabaya hingga PAC memang masih satu paket, yaitu Eri Cahyadi-Armuji.

"PDI Perjuangan saat ini super hati-hati dalam menentukan calonnya, apakah masih pasangan incumbent atau bisa saja Eri Cahyadi dipasangkan yang lain tanpa Armuji, itu semua tergantung keputusan DPP," tambahnya.

Untuk itu Surokim mengingatkan bahwa belum tentu DPP PDIP akan memberikan rekom pada pasangan patahana.

"Calon incumbent belum tentu mendapat rekomendasi dari partai. Dan hal itu bisa saja terjadi pada saat jelang pendaftaran. Namanya saja politik, apa pun bisa terjadi," tandasnya.

Selain sosok Eri-Armuji, figur muda seperti Bayu Airlangga, menantu mantan Gubernur Jatim Soekarwo (Pakde Karwo) juga digadang-gadang maju Pilwali Surabaya 2024.

Juga ada nama Ahmad Dhani hingga crazy rich Surabaya Tom Liwafa. Dhani diketahui melenggang ke Senayan dari Partai Gerindra. Sedangkan Tom Liwafa juga mendapat hasil yang sama dari PAN.

 

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait