Ekspo SMK di Mojokerto, Berikut Tips Jitu Berwirausaha Ala Bupati Ikfina

© mili.id

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati memberikan edukasi kewirausahaan dalam Kegiatan Ekspo SMK Nasional Dawarblandong (Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto)

Mojokerto - Menggeliatnya anak-anak muda di Bumi Majapahit yang ingin memulai menekuni dunia usaha, membawa Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati berbagi tips dalam memulai berwirausaha.

Ikfina menjelaskan, dalam memulai sebuah usaha, hal penting yang harus diperhatikan adalah keterampilan dan potensi apa yang dimiliki wirausahawan.

"Jadi kalau mau memulai usaha itu dilihat punya keterampilan apa, punya potensi apa. Apa yang bisa dilakukan dan hasilnya bagus dan juga harga bersaing," ujar Ikfina, Jumat (20/6/2024).

Tak hanya itu, menurut Ikfina, tujuan utama dari kegiatan berwirausaha adalah untuk menghasilkan laba yang nantinya dapat dipergunakan kembali untuk kebutuhan sehari-hari.

"Kita memproduksi barang dijual tujuannya biar dagangan kita bisa terjual, dan yang penting adalah supaya mendapatkan laba. Sebab yang nantinya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari ini, ya keuntungan itu tadi," bebernya.

Ikfina menegaskan, dalam berwirausaha pengusaha harus bisa mengetahui pesaing produk, atau jasa yang diperjualbelikan. Sebab hal itu bisa menjadi salah satu tantangan dalam berwirausaha.

"Tantangan berwirausaha ini juga bisa dari pedagang yang lain, dilihat harganya yang samping berapa, kalau yang pesaing lebih murah dari pada yang kita jual pasti yang beli juga lebih pilih yang murah," ujarnya.

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Mojokerto ini menambahkan, selain harga yang kompetitif, tentu kualitas barang yang dijual juga mempengaruhi konsumen dalam menentukan proses pembelian barang tersebut.

"Jadi apapun yang dijual ini harus bisa bersaing, rasanya oke dan harganya juga murah, itu yang disukai oleh orang-orang," pungkasnya.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait