Selamat datang di mili.id - platform berita terpercaya untuk Anda. Dapatkan informasi terkini dari berbagai kategori, mulai berita nasional hingga internasional.

Desa Digital Sidomukti Jember, Beri Layanan Secara Online Cukup dari Rumah

Desa Digital Sidomukti Jember, Beri Layanan Secara Online Cukup dari Rumah © mili.id

Warga memanfaatkan Anjungan Desa Digital Sidomukti dibantu operator (Foto: Hatta/mili.id)

Jember, mili.id - Desa Sidomukti, Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember menjadi Desa Digital, yang memberikan layanan serba online.

Bagi warga yang ingin mendapatkan layanan, cukup secara online dari rumah. Sehingga warga tidak perlu capek-cepak mengantre.

Baca juga: Pabrik Krupuk Rumahan di Jember Terbakar, Petugas Damkar Tersengat Listrik

Kepala Desa Sidomukti, Sunardi Hadi mengenalkan layanan Anjungan Digital Desa Sidomukti (ADDS) tersebut, Rabu (12/2/2025).

Layanan yang dapat diakses warga meliputi informasi tentang desa, mengurus dokumen atau data kependudukan, dan pengecekan anggaran maupun APBDes secara transparan.

"Jadi layanan ADDS ini merupakan inovasi di desa kami untuk menjawab tantangan dan perkembangan zaman. Semua layanan yang dibutuhkan cukup dari rumah, dan nanti dokumen tinggal diambil ke kantor desa," jelas Sunardi.

Bahkan bila membutuhkan dokumen penting dengan tanda tangan kepala desa, warga bisa mengajukan secara online.

"Lewat anjungan itu tinggal cetak. Jadi masyarakat terlayani tanpa harus menunggu ataupun antri datang ke kantor desa," bebernya.

Warga Desa Sidomukti yang ingin mendapatkan layanan, cukup mengakses lama sidomukti-mayang.id.

"Biar tidak lupa kami bagikan stiker (laman Desa Sidomukti). Masyarakat tingga buka handphone dan langsung mengakses segala informasi Desa Sidomukti secara online," papar Sunardi.

Menurutnya, layanan pada laman itu akan terkoneksi dengan tanda tangan elektronik.

"Jadi meskipun kita ada tugas di luar, masyarakat masih bisa kita layani lewat online itu," tegasnya.

Baca juga: Geger Mayat Bayi dalam Kardus di Jember

Sunardi juga memastikan bahwa pemeliharaan terhadap ADDS dilakukan secara rutin, agar tidak terganggu saat warga membutuhkan pelayanan.

"Kami juga ada tim untuk pemeliharaannya dan juga ada anggaran setiap tahunnya. Bisa dipertanggungjawabkan," sambung dia.

Salah satu warga Desa Sidomukti, Syukron Ma'mun mengaku masih awam dengan layanan digital tersebut. Apalagi ADDS itu baru diresmikan.

Meski begitu, saat mencoba layanan tersebut, Syukron mengaku sangat mudah dan sangat membantu masyarakat.

"Saya tadi mencoba untuk mengurus Surat Keterangan Miskin. Tadi dibantu ada mbak operator mendaftar, dan kemudian tinggal ambil suratnya langsung jadi di perangkat desa," bebernya.

"Alhamdulillah lebih cepat, dan tidak ada biaya. Semoga layanan ini terus lancar dan cepat seperti ini," tutur Syukron.

Baca juga: Perjuangan Belasan Kartini Jember Pilih Profesi Driver Ojol karena Himpitan Ekonomi

Penyedia layanan digital di Desa Sidomukti, Ulil Albab mengaku digandeng Pemdes Sidomukti untuk menyediakan layanan digital yang mudah dan prima bagi masyarakat.

"Adanya layanan ini untuk memberi kemudahan, dan kecepatan pelayanan bagi masyarakat. Jadi sistem informasi yang tersedia dapat diakses mudah, cepat, dan tanpa perlu antri," ungkap Ulil.

Menurut Ulil, layanan digital itu juga dilengkapi absensi pegawai secara real time.

"Juga fitur informasi desa, pembangunan desa, transparansi anggaran desa, layanan lapak UMKM, dan indeks kepuasan publik," ungkap dia.

Katanya, ADDS itu tidak hanya di Desa Sidomukti.

"Sudah ada di dua desa, yakni Desa Sidomukti, Kecamatan Mayang ini. Kemudian di Desa Plalangan, Kecamatan Kalisat. Kalau di Desa Plalangan, webnya plalangan.id," tandasnya.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait