Hasto Kilas Balik Kongres Sukolilo, Kekuatan Arus Bawah Betul-betul Bergelora

Di Depan Ribuan Kader PDIP Surabaya

© mili.id

Hasto Kristiyanto

Mili.id - Hadir di temu kader PDI Perjuangan se Surabaya, bertajuk 'Memperkuat Konsolidasi Partai dan Kerja Kerakyatan untuk Menang Hattrick di Pemilu 2024', di Empire Palace, Blauran, pada Rabu (9/11) malam. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan salam dari ketua umum Megawati Soekarno.

"Beliau sedang berada di Korea Selatan," kata Hasto, dalam arahannya.

Hasto di tengah ribuan kader PDIP Surabaya Hasto di tengah ribuan kader PDIP Surabaya

Salam tersebut, sambung Hasto khusus kepada kader PDI perjuangan yang betul-betul berada di tengah rakyat. Yakni satgas anak ranting, ranting dan PAC. Menurutnya, disinilah kekuatan dan foundamen dari perjuangan yang menempatkan pergerakan partai ke bawah. Mengingat, Surabaya jadi saksi saat kongres Sukolilo pada tahun 1993, yang mana Kekuatan arus bawah betul-betul bergelora.

"Mampu mendorong kepemimpinan arus bawah, kepemimpinan Ibu Megawati Soekarno Putri," ungkap Hasto

Di kongres Sukolilo, kilas Hasto, seluruh skenario politik pemerintahan otoriter orde baru yang coba memotong seluruh jalur politik Megawati Soekarno Putri, berhasil dipatahkan. Atas dasar itu, tambah Hasto, Megawati mengingatkan elit partai mulai DPP, DPD DPC. Legislatif partai, dari tingkat pusat provinsi dan kabupaten/kota, juga eksekutif partai, seluruh tingkatan agar betul-betul memperhatikan kekuatan arus bawah.

"Karena sejatinya PDIP adalah partai wong cilik, partainya rakyat marhaen," ujar Hasto.

Sebagai partai politik, lanjut Hasto, mengedepankan fungsi komunikasi politik, akuntabilitas publik. Seluruh keputusan-keputusan politik, diimbau dijalankan sebaik mungkin. Sebagai suatu keputusan mengangkat harkat dan martabat wong cilik. "Sebagaimana yang disampaikan (Walikota) Mas Eri Cahyadi," sebut Hasto.

Agar, sambung Hasto, setelah berjuang bersama di Kota Surabaya, dengan memenangkan Pemilukada (memenangkan walikota dan wakil walikota). Tahap selanjutnya, bagaimana menggunakan kekuasaan politik, dari rakyat untuk menghasilkan suatu kemanfaatan terbesar. Berupa penciptaan lapangan kerja, pelayanan publik, politik anggaran yang membebaskan rakyat tertindas

"Serta politik legislasi, yang betul-betul menciptakan regulasi bagi kemajuan Kota Surabaya," seru Hasto.

Melihat konsolidasi ini, Hasto yakin solidaritas dari anak ranting, ranting, PAC, DPC hingga DPD, kian semangat. Ia menyebut masa depan partai di kota Pahlawan dan Jawa Timur, akan jadi pilar terpenting. "Bagi kemenangan PDIP di tahun 2024 mendatang." demikian seru Hasto.

Copyright © Mili.id 2022

Editor : Redaksi



Berita Terkait