Agil: Pengawasan Partisipatif Melibatkan Peran Aktif Masyarakat

Bawaslu Surabaya Gelar Sosialisasi

© mili.id

M Agil Akbar saat sambutan

Mili.id - Bawaslu Kota Surabaya menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif dengan media, pemanatu pemilu, dan organisasi kepemudaan pada Pemilu serentak 2024, di Hotel Garden Palace, Kamis (17/11).

Ketua Bawaslu Surabaya, M Agil Akbar menjabarkan, salah satu tugas bawaslu kabupaten kota dalam pasal 102 ayat 1 diantaranya meningkatkan partisipasi masyarkat dalam pengawasan pemilu pada Pemilu 2024.

Ia memaparkan, pengawasan partisipatif menitik beratkan pelibatan aktif semua elemen masyarakat. Mengingat terbatasnya jumlah pengawas pemilu. Baik tingkat nasional, provinsi hingga kabupaten kota. "Tingkatan nasional kami hanya punya 5 anggota," ujar Agil dalam sambutannya.

Di tingkat provinsi, tambahnya, Bawaslu mempunyai 7 anggota, 5 di kabupaten/kota , 3 di tingkat kecamatan, dan satu pengawas di kelurahan. Jumlah ini menurutnya, dinilai tidak cukup melakukan pengawasan pada Pemilu serentak tahun 2024.

"Karenanya, butuh pelibatan aktif dari masyarakat membantu tugas pengawasan kami," beber Agil.

Disebutkan, kehadiran masyakarat dalam pengawasan partisipatif yang masif.  Secara psikologis dapat mengingatkan dan mengawal bersama penyelenggaran pemilu 2024, agar Bawaslu lebih hati-hati, jujur dan adi, "Dalam pengawasan dan penyelenggaran pemilu." ujarnya.

Maka ia berharap, masyarakat, pemantau media, dapat aktif sesuai dengan latar belakang dan kewenangann masing-masing dalam undang-undang. Memberikan feeding terhadap kinerja Bawaslu. "Baik masukan atau kritik dalam pelaksanaan pengawaasn di pemilu serentak tahun 2024." demikian kata Agil.

Copyright © Mili.id 2022

Editor : Redaksi



Berita Terkait