Bus Listrik Tak Beroperasi, Komisi C Tuntut Kembalikan 3 Rute Suroboyo Bus

© mili.id

Bus Listrik yang dilauching pada awal Desember lalu

Mili.id - Tidak beroperasinya lagi Bus Listrik di Surabaya sangat disesalkan Komisi C DPRD Surabaya. Padahal sudah dilauching 2 Desember 2022 lalu.

Aning Rahmawati, Wakil Ketua Komisi C mengatakan, tidak beroperasi Bus Listrik tersebut sangat fatal. Pasalnya telah terjadi perubahan rute dari Gunung Anyar - Kenpark.

Sebelumnya, papar Aning rute tersebut diambil Suroboyo Bus. Kini, rute itu telah diserahkan kepada BTS. Dari situ, kemudian pindah rute ke satu.

Lalu ditambahkan ke TOW dan TIJ. Sedangkan dua Surabaya Bus lainnya, ditambahkan ke Purbaya - Rajawali. "Ini akhirnya mengorbankan ratusan penumpang," tukas Aning.

Padahal jumlah penumpang Suroboyo Bus 2022 lalu tembus 500 orang. Namun, bila Bus ini tidak beroperasi lagi, menurutnya akan menimbulkan keresahan bagi masyarakat. "Konsep BTS harusnya menyelesaikan moda transportasi. Ini malah bikin tidak jelas," ketus legislator PKS ini.

Untuk itu, dia mendesak 3 Suroboyo Bus dikembalikan ke rute semula. Dan itu, dinilai tidak berpengaruh kepada headway dan eksisting yang ditambahkan pemkot, dari jalur lama Surabaya bus.

"Atau kalau memungkinkan feeder segera dipersikan, biar kesannya pemerintah itu konsisten." demikian imbau Aning.

Editor : Redaksi



Berita Terkait