Objek Wisata Diprediksi Membludak saat Lebaran, Pemkot Diminta Siapkan Rekayasa Lalin

© mili.id

Ilustrasi salah satu objek wisata di Surabaya

Mili.id - Anggota DPRD Surabaya, Sukadar (Cak Yo) meminta Pemkot Surabaya melalui dinas terkait, membikin rekayasa lalu lintas (lalin) menjelang libur lebaran. Mengingat objek wisata di kota Pahlawan, ramai dikunjungi wisatawan.

Cak Yo memaparkan, dinas terkait hendaknya siap-siap mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas, utamanya akses membludaknya masyarakat ke tempat wisata. Minimal, dapat memberikan ruang bagi pengguna jalan lain, ketika terjadi keramaian di tempat wisata.

“Yakni badan jalan jangan dipakai parkir kendaraan sehingga jalan macet,” kata Cak Yo, Senin.

Di samping itu, tutur Cak Yo, Agar mudah mengatur lalu lintas, harus ada pengaturan ruas jalan, yang bisa digunakan lahan parkir, pun juga pendekatan kepada pengelola objek wisata. Yang mana, pengelola diminta mengoreksi fasilitasnya. Misal alat-alat yang sudah usang, itu jangan digunakan lagi.

"Jadi harus menegur pengelola wisata untuk melakukan peremajaan, mengganti kelengkapan fasilitas yang ada di dalam tempat wisata." beber Cak Yo

Pasalnya, dia tidak ingin kejadian lebaran tahun kemarin terulang kembali. Seperti seluncur air di Kenjeran Park roboh. Apalagi, ia meyakini lebaran tahun ini,  terjadi lonjakan pengunjung di tempat wisata. "Jadi  Dishub benar-benar bisa melakukan  mendeteksi dini rawan kemacetan di objek wisata saat libur lebaran," demikian Cak Yo. (rar)

Editor : Redaksi



Berita Terkait