Jadi Keynote Speaker, Begini Motivasi Rektor Unitomo dan Anas Karno ke Pengurus PMII Perjuangan

© mili.id

Rektor Unitomo, Siti Marwiyah

Mili.id - Hadir sebagai keynote speaker, Rektor Unitomo Siti Marwiyah dan Wakil Ketua Komisi B Anas Karno, memberikan motivasi kepada Pengurus PMII Perjuangan Dr.Soetomo, yang baru dilantik.

Pelantikan dilakukan di Auditorium KH Muhammad Saleh, Gedung F Lantai V Unitomo, pada Jumat petang.

Pada kesempatan itu, Siti Marwiyah mengatakan, hasil penelitian di Amerika Serikat menujukkan, kesuksesan seseorang bukan pada kepintaran intelektual atau kecerdasan IQ-nya saja. 80% merupakan kecerdasan emosional. Sedangkan 20 persen kecerdasan IQ.

Siti Marwiyah dan Anas Karno tengah usai pelantikan PMII Perjuangan Siti Marwiyah dan Anas Karno tengah usai pelantikan PMII Perjuangan

Ketika ingin membangun kecerdasan emosional, khususnya mahasiwa, menurutnya harus aktif dalam berbagai organisasi kemahasiswaan. "Apapun itu organisasinya," beber dia.

Pasalnya, papar Marwiyah, melalui organisasi, mahasiswa mampu mengolah rasa, pikiran, kata, adab, pun juga Bagaimana menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi. "Itu membuat mahasiswa dewasa dan akan menata kecerdasan emosional." bebernya.

Dari sudut pandangnya, PMII merupakan organisasi kemahasiswaan mengusung paham Aswaja, dan itu tidak bisa dipisahkan dengan NU. Sehingga ia mewanti-wanti, pengurus lebih mengedepankan adab. Karena pendidikan NU, mengajarkan bagaimana adab kepada orang tua, sesama, juga toleransi dalam berhubungan sosial masyarakat, serta pihak lain.

Prosesi pelantikan pengurus PMII Perjuangan Prosesi pelantikan pengurus PMII Perjuangan

Karena, imbuh Marwiyah, bangsa ini, terdiri dari berbagai macam agama, ras, suku dan berbagai pulau. Maka, urai dia, begitu pentingnya makna kesatuan dan persatuan, serta saling menghargai perbedaan. "Dan PMII saya kira nafasnya kesana."ujar Marwiyah.

Ia menegaskan, PMII Perjuangan yang dimiliki oleh mahasiswa Unitomo, diajak bersinergi dengan pihak lain diluar kampus, mengikat, mengencangka tali persaudaraan, membuka wawasan seluas mungkin, serta membuka jaringan tanpa ada sekat.

"Dengan hadirnya Wakil Ketua komisi B, Anas Karno, ini menunjukkan PMII Perjuangan semakin bagus." puji Marwiyah.

Sementara, Anas Karno menyerukan, agar mahasiswa, utamanya kader PMII Perjuangan, sering melakukan advokasi, terjun ke masyarakat, menyerap  keluhan mereka. Lalu menyuarakan aspirasi nya.

"Monggo disuarakan, kondisi sosial masyarakat, khususnya untuk Surabaya," papar Anas.

Anas juga meminta, kader PMII Perjuangan intens berkomunikasi, diskusi dengan Rektor Unitomo, untuk membikin suatu konsep, ide, saran maupun masukan, agar kota Pahlawan ke depannya lebih maju, utamanya dalam meningkatkan sektor perekonomian.

"Karena dalam diri beliau (Siti Marwiyah) juga mengalir darah aktivis," kata Anas Karno.

"Salam Pergerakan!!! Pekik Anas

Sebagai informasi: Pelantikan Pengurus PMII Perjuangan Dr.Soetomo Masa Khidmat Pergerakan 2023-2024, dirangkai dengan buka puasa, santunan yatim dan reuni akbar.

Adapun cikal bakal berdirinya PMII Perjuangan, bermula dari forum diskusi dan kajian rutin keintelektualan yang dilakukan secara intens oleh beberapa aktivis Unitomo

Aktivis tersebut, adalah sahabat Kamil, Mukhsin, Barnabas dan lainnya. Pada 1997 mereka sepakat menggagas berdirinya PMII. Kemudian 1998 PMII Perjuangan Dr. Soetomo resmi deklarasi.(rar)

Editor : Redaksi



Berita Terkait