Ini Wilayah Kecamatan di Bojonegoro yang Terdampak Gempa Magnitudo 4

© mili.id

Tangkapan Layar bmkg.go.id

Bojonegoro - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro langsung meninjau dampak gempa berkekuatan magnitudo 4 di dekat Kota Bojonegoro. Hasilnya, sebanyak 5 wilayah kecamatan yang terdampak.

"Kami dari BPBD telah melakukan asesmen ke berbagai wilayah di Bojonegoro," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bojonegoro Ardhian Orianto saat dikonfirmasi mili.id, Senin (12/6/2023).

Dari 28 kecamatan yang ada di Bojonegoro, lankut Ardhian, pusat  gempa terletak di wilayah Kecamatan Trucuk dan getarannya hanya terasa di lima kecamatan. 

"Tidak semua kecamatan. Getarannya hanya di lima kecamatan, Kecamatan Bojonegoro, Kecamatan Kapas, Kecamatan Trucuk, Kecamatan Sumberrejo, dan Kecamatan Malo," tuturnya.

Hingga pukul 10.30 Wib, petugas BPBD tidak menerima laporan kerusakan akibat gempa di Bojonegoro.

"Tidak ada laporan kerusakan. Getarannya juga tidak berlangsung lama, sekitar satu sampai dua detik, atau seperti getaran truk lewat. Getaran yang terasa hanya di gedung perkantoran," terangnya.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hari Senin, (12/06/2023) pukul 08:04:23 WIB, gempa melanda Bojonegoro.

Gempa berkekuatan magnitudo 4 itu berada di kedalaman sekitar 7 kilometer. Pusat gempa berada di 7.11 LS 111.85 BT. Pusat gempa berada di darat dan berjarak 6 kilometer BaratLaut Bojonegoro.

Skala MMI (Modified Mercalli Intensity) II -III dirasakan Bojonegoro dan Tuban. Skala II MMI. Gempa tersebut karena ada sesar lokal yang bergerak. "Menurut BMKG, karena ada sesar lokal yang bergerak," ujarnya.

Gempa susulan dimungkinkan bisa saja terjadi. Namun tidak diketahui kapan terjadinya. "Gempa susulan dimungkinkan bisa saja terjadi. Tapi di EWS (Early Warning System) di tempat kami, belum ada informasi. Semoga tidak ada gempa susulan yang mengakibatkan kerusakan," pungkas Ardhian.

Reporter: Rama Indra

Editor : Aris S



Berita Terkait