Stok Menipis di PMI, Polres Probolinggo Donor Darah di HUT Ke- 77 Bhayangkara

© mili.id

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi saat mendonorkan darah di HUT Bhayangkara.(foto: Moh. Ahsan Faradisi/mili.id)

Probolinggo - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Bhayangkara, Polres Probolinggo menggelar kegiatan bakti kesehatan donor darah yang diadakan di ruang Rupatama Parama Satwika Polres Probolinggo, Rabu (14/6/2023).

Kegiatan tersebut diikuti Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, Ketua Bhayangkari Cabang Probolinggo Ibu Dini Arsya Khadafi, wakapolres, pejabat utama, anggota serta ASN Polres Probolinggo, dan anggota Kodim/0820 Probolinggo. 

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, kegiatan donor darah juga dapat memberi manfaat bagi pendonor, salah satunya dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. 

"Selain banyak manfaat bagi pendonor, setetes darah kita sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan, oleh karenanya kami ajak semua agar peduli membantu para pasien dengan mendonorkan darah kita," kata Arsya usai donor.

Selain menyambut HUT ke-77 Bhayangkara, lanjut Kapolres, jika kegiatan donor darah kali ini bertujuan untuk menjaga kebutuhan pasokan darah yang ada Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Probolinggo.

"Dari PMI para pendonor ada syaratnya, seperti HB-nya itu tidak terlalu rendah dan tinggi, tensi harus normal, dilihat ada tidak riwayat penyakit, sehingga kualitas darah yang disumbangkan memiliki kualitas terbaik," tutur pria kelahiran Aceh itu.

Sementara Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Probolinggo, dr. Adi Nugroho mengatakan, untuk stok darah saat ini memang sangat minim. Terlebih lagi untuk golongan darah A yang stoknya hanya menyisakan dua kantong saja.

"Kalau untuk golongan darah B ini stoknya ada 66 kantong, golongan darah O stoknya 43 kantong dan untuk golongan darah AB stoknya 4 kantong untuk persediaannya," ungkap dr. Adi saat dikonfirmasi.

Reporter: Moh. Ahsan Faradisi

Editor : Aris S



Berita Terkait