Dewan Desak Pemkot Surabaya Evaluasi Keberadaan Tiang Penyangga JPO Raya Wonokromo

© mili.id

Sukadar (foto: Roy Ibrachim/mili.id)

 

Surabaya - Insiden Toyota Avanza yang menabrak tiang penyangga jembatan penyeberangan orang (JPO) di ruas Jalan Raya Wonokromo, pada Minggu (11/05/2023) mendapat sorotan legislator PDI Perjuangan, Sukadar atau yang akrab dipanggil Cak Yo. 

Anggota komisi C DPRD Surabaya ini mengingatkan pemkot harusnya memperhatikan struktur bangunan JPO itu. Sebab, JPO tersebut sudah berdiri sebelum ada proyek pelebaran di ruas jalan tersebut, dan posisi tiang JPO berada di tepi jalan.

Namun, ketika ada pelebaran jalan, ia menyebut tiang penyangga JPO akhirnya berada di tengah bahu jalan. "Dengan posisi tiang penyangga JPO di tengah jalan tentu membahayakan bagi pengguna jalan," ujar Cak Yo, Kamis (15/06/2023). 

Maka, Cak Yo mendesak pemkot agar segera mengganti strukturnya. Namun, harus dipikirkan ketika tiang penyangga dipotong, apakah kekuatan JPO berkurang atau tidak, karena bila berkurang tentunya akan rentan ambruk.

"Keselamatan pengguna jalan harus diprioritaskan, harus dirubah strukturnya, jangan ada korban lagi," lanjut Cak Yo. 

Sebab, papar Cak Yo insiden yang menelan korban jiwa tersebut merupakan pengalaman yang terburuk di Kota Surabaya. Karenanya itu ia mendesak pemkot segera melakukan evaluasi. "Jangan malah bingung ingin ambil langkah apa," pungkas Sukadar. 

Reporter: Roy Ibrachim

Editor : Aris S



Berita Terkait