Ribuan Warga Pulau Gili Ketapang Ngater Ka'jien Naiki Puluhan Kapal Hias

© mili.id

Ribuan warga Pulau Gili Ketapang tiba di Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo untuk mengantarkan CJH.

 

Probolinggo - Ribuan warga Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, mengantar 48 calon jemaah haji (CJH) setempat, tradisi ini biasa disebut tradisi 'Ngater Ka'jien, Kamis (15/6/2023) pagi.

Para warga naik kapal yang sudah dihias dan berjalan iring-iringan menuju Dermaga Tanjung Tembaga Kota Probolinggo. Pengantaran calon jemaah haji seperti ini, memang jadi tradisi tahunan dan sudah ada sejak dulu.

Kali ini ada sekitar lebih dari 60 kapal berbagai ukuran semuanya dipenuhi warga Pulau Gili Ketapang, baik kapal yang biasa untuk mencari ikan maupun perahu transportasi dengan perjalanan sekitar 5 mil atau jarak tempuh 30 menit, dan satu kapal berisi sekitar 100 hingga 150 orang.

"Setiap tahun di musim haji memang warga Pulau Gili Ketapang ikut mengantar calon jemaah haji, karena warga berharap pahala dari para jemaah dan bisa menular ikut melaksanakan ibadah haji," kata Ainul Yaqin, saat mengantarkan jamaah haji.

Sementara salah satu pasangan calon jemaah haji, Syafiuddin (29) yang berangkat bersama istrinya, Feny Puspitasari (26) yang pertama kali ini menunaikan ibadah haji, mengatakan, jika untuk berangkat haji, dirinya sudah menabung selama 10 tahun terkahir.

Sementara untuk hiasan kapal, menurutnya, keluarga besarnya menghias kapal mengiringi pemberangkatan sejak seminggu terakhir, dan sudah menjadi tradisi warga Pulau Gili Ketapang.

"Kalau kapal yang ikut iring-iringan rombongan jamaah haji sudah dihias selama 7 hari-malam, seperti pasang bendera dan sound system dan lain-lain. Saya doakan warga pulau Gili Ketapang semuanya bisa menunaikan ibadah haji, Amin Ya Robbal Alamin," tandas Syarifuddin.

Reporter: Moh. Ahsan Faradisi

Editor : Aris S



Berita Terkait