Cerita Heroik Petugas Damkar Surabaya Selamatkan Ibu dan Anak dari Kobaran Api

© mili.id

Petugasa damkar berupaya masuk ke lantai dua. (foto: Dedik Irianto for Mili.id)

Surabaya - Kebakaran rumah di Jalan Lebak Indah Regency, Surabaya waktu subuh menyisihkan cerita heroik petugas pemadam kebakaran (damkar Surabaya selamatkan ibu dan anak yang terjebak dalam kobaran api, Kamis (15/6/2023). 

Kebakaran hebat yang dipicu korsleting dari kendaraan roda dua itu setidaknya melahap habis 40 persen bangunan rumah, dan 3 unit motor milik Cengceng (45). 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Pentelamatan (DPKP) kota Surabaya, Dedik Irianto menceritakan, saat kebakaran terjadi ada dua anggota keluarga yang terjebak di dalam rumah. 

"Sekitar pukul 04.23 WIB, kami terima laporan kebakaran rumah dua lantai. Di laporkan oleh tetangga rumah dan penghuni rumah berada di dalamnya," kata Dedik saat dikonfirmasi mili.id, Kamis (15/6/2023). 

Menurut Dedik, saat petugas damkar Surabaya tiba di lokasi, pemilik rumah masih berada di dalam bangunan rumah lantai dua, sementara bangunan lantai satu dilahap kobaran api. 

"Sebagian Kobaran api telah merambat ke lantai dua, maka kami mengupayakan untuk menyelamatkan penghuni rumah terlebih dahulu," jelas Dedik.

Ada kesulitan, lanjut Dedik, akses pintu bawah di lantai satu tidak bisa digunakan, sehingga petugas memanjat ke lantai dua. 

 "Melalui akses rumah tetangga, selanjutnya kami mengevakuasi korban dengan memecah kaca jendela dan memotong besi teralis jendela menggunakan alat cutter rescue, dan tangga sliding rescue untuk evakuasi korban ke rumah tetangga," terang Dedik didalam pangilan handphone. 

Alhamdulillah, hela Dedik, dua orang penghuni rumah ibu Cengceng (45), dan ananda Kinan Susanto (7), berhasil kita evakuasi keluar dari kobaran api dalam keadaan sadar. 

"Ibu Cengceng (45), kami papah menggunakan bahu bahu petugas dalam keadaan sadar, dan Kinan Susanto kami gendong. Alhamdulillah keduanya sadar dan kami rujuk ke RSUD Dr Soetomo untuk perawatan," ungkap Dedik. 

Dari situ, kedua korban dipastikan oleh Dedik selamat, tanpa luka bakar. "Selamat tidak ada korban jiwa, kobaran api berhasil kita padamkam sekitar pukul 05.37 WIB, akan tetapi nahas 3 unit kendaraan ludes terbakar dan 40 persen bangunan rumah hangus," pungkasnya.

Reporter: Rama Indra

Editor : Aris S



Berita Terkait