Kapal LCT Cipta Harapan IX Tenggelam di Karimunjawa, Nahkoda Ditemukan 5 ABK Hilang

© mili.id

5 ABK dan 1 Nakhoda Kapal LCT Cipta Harapan IX (GT 697) setelah dievakuasi dan berada di Kantor KSOP Kelas 4 Probolinggo.(foto: Moh. Ahsan Faradisi/mili.id)

Probolinggo - Kapal LCT Cipta Harapan IX (GT 697) yang berangkat dari Pelabuhan Priok, Jumat (9/6/2023) kemudian hilang kontak pada Senin (12/6/2023) malam, dikethaui tenggelam di wilayah Karimunjawa.

Kapal yang tenggelam tersebut membawa 10 ABK beserta 1 nahkoda kapal dan 5 orang berhasil dievakuasi oleh kapal MV Sinar Sejati tujuan Probolinggo. Sedangkan 5 orang ABK lainnya hingga saat ini masih dalam proses pencarian. 

5 ABK kapal adalah, Baharuddin (27), warga Kabupaten Takalan: Ary Supeno (29), warga Kabupaten Tanah Toraja; Agus Guswandi (30), warga Kabupaten Tasikmalaya; Rahmat Saputra Gulo (27), warga Kabupaten Aceh Besar; Juleus Christian (51), asal Surabaya; dan Rein Tampelani (61), Nahkoda Kapal asal Makassar.

Kepala Kantor KSOP Kelas 4 Probolinggo, Ferry Agus Satriyo mengatakan, pihaknya mendapat laporan ditemukannya 5 ABK kapal tenggelam oleh kapal bertujuan ke Probolinggo. Sehingga, proses evakuasi langsung dilakukan.

"5 ABK ini dalam keadaan sehat semua. Sedangkan untuk ABK lainnya masih dalam pencarian dari pihak Basarnas, sebanyak 5 orang atau ABK," kata Ferry, Jumat (16/6/2023).

Menurut Ferry, pihak tidak mengetahui secara pasti kronologi tenggelam kapal bermuatan alat berat bertujuan ke Maluku tersebut. Hanya saja, saat kejadian memang cuaca tengah laut sama sekali tidak bersahabat.

"Dari upaya pencarian ini semoga membuahkan hasil maksimal dan sisa ABK sebanyak 5 orang ditemukan dengan keadaan sehat. Sedangkan 5 ABK yang sudah dievakuasi langsung diantarkan ke Surabaya," ungkap Ferry.

Sementara pemilik Kapal LCT Cipta Harapan IX (GT 697), Irwin Yusak Lisapali mengatakan, pihaknya berterima kasih atas bantuan evakuasi yang dilakukan kepada anak buahnya. Baik, kepada Kru Kapal Sinar Sejati, Kantor KSOP Kelas 4 Probolinggo dan Basarnas.

"Terima kasih banyak atas bantuannya dalam evakuasi ini. Selain itu kami berharap 5 orang ABK kini masih dalam pencarian bisa ditemukan dan dalam baik-baik saja," pungkasnya.

Reporter: Moh. Ahsan Faradis

Editor : Aris S



Berita Terkait