Kini Varia Usaha Beton Kembangkan Sayap di Sumatra Selatan

© mili.id

Vice President of Marketing Semen Baturaja, Kartha Kurniadi (kedua kanan) dan Direktur Utama Varia Usaha Beton, Wahyu Nugroho (kedua kiri) melakukan pemotongan tumpeng saat peresmian Ready-Mixed Batching Plant di Palembang, Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir,

Jakarta – PT Varia Usaha Beton (VUB), unit usaha SIG, meresmikan Ready-mixed Batching Plant Palembang yang berlokasi di Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan, Kamis (22/06).

Peresmian Batching Plant VUB Palembang merupakan bentuk sinergi dengan PT Semen Baturaja Tbk pascaintegrasi, serta perluasan jaringan layanan produk-produk VUB untuk memenuhi kebutuhan pembangunan, serta mendukung pemerintah dalam pembangunan infrastruktur di wilayah Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel). 

Batching Plant VUB Palembang dibangun menggunakan teknologi wet system dan command batch dengan kapasitas terpasang sebesar 60 m3/ jam dan volume produksi sebesar 45 m3/ jam atau 8.500 m3/bulan.

Untuk kebutuhan semen dalam proses produksi beton di Batching Plant VUB Palembang akan dipasok oleh Semen Baturaja. Layanan Batching Plant VUB Palembang meliputi Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Ogan Ilir, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan bahwa Kota Palembang merupakan salah satu kota terpadat kedua di Sumatra dengan jumlah penduduk mencapai 1,6 juta jiwa.

Sumbagsel juga memiliki dukungan infrastruktur yang baik seperti jalan Tol Trans Sumatera, Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Stasiun Kereta Api Kertapati, pelabuhan, LRT, dan Sport Center Jakabaring yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, dan pemerataan pembangunan, serta berkembangnya kota mandiri baru.

“Keunggulan infrastruktur tersebut menjadi peluang bagi pertumbuhan perekonomian termasuk sektor konstruksi sehingga menjadi pasar yang potensial bagi SIG Group. Hingga akhir tahun 2022, perekonomian Kota Palembang tumbuh 5,25 persen  yang salah satunya didorong sektor konstruksi dan perumahan. Kehadiran Batching Plant Palembang diharapkan dapat memperkuat dan mengisi pasar di wilayah Sumbagsel pasca integrasi Semen Baturaja ke SIG,” kata Vita Mahreyni. 

VUB adalah salah satu unit usaha SIG yang memproduksi berbagai macam produk beton, antara lain beton siap pakai, beton pracetak, beton masonry, crushed stone, hingga jasa konstruksi dan sewa peralatan. 

Produk dan layanan VUB tersebut memiliki tiga keunggulan yaitu tepat mutu, tepat waktu, tepat jumlah, serta ramah lingkungan, karena didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten dan kelengkapan mesin dan peralatan yang sesuai standar dan serba otomatis.

VUB telah berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia, di antaranya, Mandalika Circuit, Tol Semarang-Demak, jalur kereta api elevated Solo Balapan-Kadipuro, Tol Manado-Bitung, Jalan Layang Akses Bandara Ahmad Yani Semarang, PLTGU Muara Tawar Jakarta, Simpang Susun Tol Serang Panimbang, Flyover Ganefo Mranggen, Tol Surabaya-Mojokerto, Bandara Hasanudin Makassar, Legian Arcade Denpasar Bali.

Reporter: Rama Indra

Editor : Aris S



Berita Terkait