Toko Elektronik di Jombang Terbakar, Satu Orang Menderita Luka Bakar

© mili.id

Petugas Damkar BPBD Kabupaten Jombang saat melakukan evakuasi korban. (foto: Apriyanto/mili.id)

 

Jombang - Sebuah toko barang elektronik yang ada di jalan Gus Dur, Desa Candimulyo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur terbakar, Rabu (28/06/2023) dini hari.

Diduga api berasal dari korsleting, dan api dengan cepat membakar barang di dalam toko tersebut.

Akibat peristiwa itu, satu orang penghuni toko atas nama Edi (50), menderita luka bakar hingga 20 persen, dan dilarikan ke RSUD Jombang.

Menurut keterangan Eka Saputra (42) tetangga korban, pada pukul 2.40 WIB, ia mendengar teriakkan minta tolong. Suara tersebut berasal dari tembok sebelah rumahnya.

"Awalnya saya dengar ada yang minta tolong, tolong-tolong gitu sambil teriak. Kejadiannya antara pukul setengah tiga sampai pukul 3 lah," ujarnya.

Untuk memastikan sumber suara, saksi keluar rumah dan melihat bahwa toko elektronik di sebelah rumahnya, dalam kondisi terbakar. Selanjutnya ia meminta bantuan ke Damkar BPBD Kabupaten Jombang.

"Di dalam rumah itu ada satu orang. Posisinya ada di belakang jadi selamat. Kalau api dari bawah terus naik ke atas," katanya.

Ia menegaskan korban yang terjebak dalam rumah, naik ke atas dan bersembunyi di antara dapur dan kamar mandi.

"Korban sembunyi di antara dapur dan kamar mandi. Petugas menyelamatkan dari rumah saya dengan membobol ke toko sebelah," tuturnya.

Sementara itu, Hariyanto komandan regu Damkar BPBD Kabupaten Jombang menjelaskan, pada pukul 2.55 pihaknya menerima laporan adanya peristiwa kebakaran tempat usaha.

"Pukul setengah empat, kami menerima laporan kebakaran toko di Jalan Gus Dur, tokonya itu berisikan alat-alat elektro seperti komponen-komponen elektronik," ujar Hariyanto.

Setibanya di lokasi tim damkar berusaha memadamkan api, dan selanjutnya melakukan pembasahan. Dalam proses pemadaman petugas sedikit mengalami kendala.

"Korsleting dimungkinkan dari bawah, begitu kami masuk ke TKP, kesulitan. Kami terkendala ada pintu yang terkunci dari dalam. Sehingga petugas kesulitan untuk membuka, akhirnya kami buka paksa," katanya.

Untuk memadamkan api, petugas mengerahkan beberapa mobil damkar yang ada di wilayah Kabupaten Jombang.

"Kami mendatangkan armada dari 4 pos, pos Jombang, pos Ngoro, pos Mojoagung dan Ploso," tuturnya.

Saat ditanya apakah ada korban dalam peristiwa tersebut. Ia menjelaskan pada saat kejadian, ada satu orang penghuni toko yang sedang tidur. Dan petugas berhasil mengevakuasi korban.

"Di dalamnya ada orang terjebak karena tertidur, atas nama bapak Edi dengan usia kurang lebih 50 tahun. Langsung kita evakuasi, baik korban maupun hewan peliharaan yaitu anjing," ujarnya.

"Kondisi korban alami luka bakar kurang lebih 20 persen, sekarang masih dibawa ke RSUD Jombang. Untuk anjing sembunyi di area pojok belakang, mengamankan dirinya," tuturnya.

Ia mengaku api dengan cepat membakar seluruh barang-barang elektronik yang ada di dalam toko di lantai bawah.

"Yang terbakar dalam toko kebanyakan dari alat komponen elektronik dan ada juga kendaraan motor tadi," ujarnya.

Perlu diketahui api baru berhasil dipadamkan pada pukul 6.30 WIB. Dan seluruh tim Damkar BPBD Kabupaten Jombang dari beberapa wilayah kembali ke markas masing-masing.

Reporter: Apriyanto

Editor : Aris S



Berita Terkait