Rocky Gerung: Demokrasi Konstitusional untuk Kepentingan Rakyat

© mili.id

Rocky Gerung dalam dialog interaktif bersama mahasiswa di Surabaya (Foto: Unitomo Surabaya)

Surabaya - Pusat Studi Pancasila Konstitusi dan Peradaban Indonesia (Puspakopi) Universitas dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya menggelar dialog interaktif bertema "Membangun Bangsa dengan Narasi, Gagasan, dan Karya".

Kegiatan yang diikuti 500 peserta itu digelar Kamis (6/7/2023). Acara ini bekerjasama dengan Sekretariat Bersama Kuning-Ijo-Biru (KIB).

Dialog menghadirkan Pengamat Politik, Rocky Gerung, Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang, CEO Jakarta Kolaborasi, Andi Sinulingga serta Achmad Rubaie, Dosen Fakultas Hukum (FH).

Dalam dialog interaktif tersebut, Rocky Gerung lebih menekankan dibutuhkannya kerangka pemikiran yang konseptual tentang arti sebuah demokrasi dalam sebuah negara yang berakar dari pemikiran rakyat.

"Negara harus tahu apa yang diinginkan berdiri secara konstitusional untuk kepentingan rakyat sehingga dalam menjalankan roda pemerintahan selalu berpedoman atas apa yang ingin dicapai oleh sebuah negara," ujar Rocky Gerung.

Sementara Saut Situmorang lebih menitikberatkan bagaimana sebuah negara lebih berpegang kepada jalur hukum dan bukan jalur kekuasaan.

"Sehingga siapapun juga yang sedang memegang tampuk kekuasaan mempunyai pedoman yang dapat membuat kehidupan bernegara lebih tertuju kepada bagaimana membuat negara lebih berdaulat untuk mensejahterakan rakyat. Diharapkan agar mahasiswa menjadi agen pembaharuan", bebernya.

Rektor Unitomo, Siti Marwiyah dalam sambutannya mengatakan, terungkap bahwa mahasiswa masih punya idealisme menjadi agen perubahan.

"Ini adalah ruang untuk mahasiswa, mimbar untuk bebas berpendapat dengan tujuan tentu menjadikan negara ini agar lebih baik lagi," ungkap Siti.

 

Reporter: Rachmad FT

 

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait