Cari Kerang, Pria Probolinggo Tewas Tenggelam di Muara Bujel

© mili.id

Petugas BPBD Kabupaten Probolinggo dan warga mengantarkan korban tenggelam ke muara ke Puskesmas Gending.(foto:Moh Ahsan Faradisi/mili.id)

Probolinggo - Pria paruh baya asal Kecamatan Banyuanyar, Probolinggo tenggelam saat mencari kerang di sebuah muara Dusun Tambak, Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Probolinggo, Senin (10/7/23) sore.

Korban diketahui bernama Budianto (66), warga Dusun Ketapang, Desa Liprak Kulon, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo. Sedangkan korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia sekitar pukul 21.00 Wib.

Kasat Polairud Polres Probolinggo AKP Slamet Prayitno menjelaskan, kejadian ini bermula saat korban bersama temannya Mahmud, dan anak dari Mahmud mencari kerang di Muara Bujel. saat itu korban bersama temannya berenang ke muara sisi utara. Posisi korban saat berenang berada di belakang Mahmud, yang sedang menggendong anaknya.

"Saat menyebrang muara, korban tiba-tiba minta tolong karena tidak kuat berenang, tapi karena Mahmud yang berada di depan juga tidak kuat berenang kemudian berusaha menepi ke ujung muara, saat itu korban sudah tak terlihat lagi," kata Slamet, Selasa (11/7/23).

Mengetahui korban tak terlihat lagi, lanjut Slamet, Mahmud melaporkan kejadian tersebut ke warga kemudian ke Polsek Gending sehingga langsung ke lokasi mencari keberadaan korban.

"Dari Polsek Gending kemudian berkoordinasi dengan kami dan juga BPBD. Pencarian dilakukan di sekitar tenggelamnya korban dan area sekitar muara dengan menggunakan perahu warga," ungkap Slamet.

Pencarian, sambung Slamet, juga menggunakan jaring memutari sekitar lokasi korban hilang. Dikhawatirkan, korban hanyut dan benar saja, sekitar pukul 21.10, jenazah korban ditemukan dan tersangkut di jaring yang dipasang oleh keluarga di mulut muara.

"Setelah beberapa jam upaya pencarian, jenazah ditemukan menyangkut di jaring yang dipasang keluarga di mulut muara, sekitar 25 hingga 30 meter dari lokasi awal korban tenggelam," tutur Kasatpolairud.

Sementara, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo, Moh Zubaidulloh mengatakan, jenazah baru ditemukan sekitar pukul 21.00 Wib, saat kondisi air laut surut, dan pertama kali ditemukan korban berada di lumpur.

"Setelah ditemukan, korban kemudian kita bawa ke Puskesmas Gending menggunakan mobil milik BPBD untuk pemeriksaan, dan selanjutnya jenazah dibawa pulang ke rumah duka," pungkas Zubaidulloh.

Reporter: Moh Ahsan Faradisi

 

Editor : Aris S



Berita Terkait