Polres Mojokerto Mengubah Lintasan 8 Diganti Huruf S, Pemohon SIM: Ini Lebih Mudah

© mili.id

Salah satu pemohon SIM ya g mencoba lintasan huruf S (Foto: Supriyadi/mili.id)

Mojokerto - Polres Mojokerto telah resmi mengubah uji praktik lintasan zigzag bagi pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) C menjadi huruf S. Perubahan ini resmi mulai diberlakukan hari ini.

Salah satu pemohon SIM, Cindy Agustin mengatakan, lintasan yang sekarang dinilai lebih mudah dari trek yang sebelumnya.

"Lebih mudah, saya pernah gagal dengan trek sebelumnya. Mungkin karena baru pertama kali, grogi itu yang bikin gagal. Kalau yang ini lebih mudah, kalau gagal disini ada pelatihan setiap sore hingga lulus," kata Cindy, Senin (7/8/2023).

Sementara itu, Kanit Regident Satlantas Polres Mojokerto Iptu Harri Putra Makmur menjelaskan, ada beberapa trek atau yang mengalami perubahan.

"Ada beberapa trek yang memiliki perubahan yang sebelumnya jalur untuk angka 8 berubah jadi huruf s yang sebelumnya tidak digunakan lagi Kemudian masyarakat harus memahami dalam pelaksanaan ujian praktek SIM ini Apabila ada gagal masyarakat akan pengulangan sekali lagi," ungkap Harri.

Harri menambahkan, kepolisian menekankan, tidak menghilangkan indikator kompetensi bagi pengemudi kendaraan.

"Tapi yang ingin kami tekankan dari kepolisian bukan berarti perubahan jalur ataupun track ini menghilangkan indikator kompetensi pengemudi yang sebelumnya sempurna menilai 100 dengan melaksanakan trik ini dinilai baik dalam cukup dalam berkendara," tuturnya.

Bila gagal, lanjut mantan Kanit Gakkum Satlantas Polres Kediri ini, Satlantas Polres Mojokerto, pihaknya memberikan pelayanan pelatihan.

"Apabila masyarakat yang masih gagal dalam pelaksanaan ujian kita memberikan pelayanan pelatihan jadi masyarakat dapat berlatih menggunakan lapangan ujian ini tepat pada sore hari dengan mengisi buku registrasi dan kemudian anggota memberikan pelatihan berupa pelaksanaan ujian berkenan sampai lulus. Kami memiliki inovasi yang namanya Samara yaitu santai sore mahir berkendara. Hari ini saja sejak dilakukan perubahan lintasan, ada 30 pemohon SIM yang lulus," pungkasnya.

Editor : Redaksi



Berita Terkait