Aksi Heroik Santri Gresik Panjat Tiang Bendera saat Upacara HUT Ke-78 Kemerdekaan RI

© mili.id

Tangkapan layar video viral Sakha Ardiansyah (dok. Moh. Bachrul Fikar for mili.id)

Gresik–Sakha Ardiansyah, seorang santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Ushulul Hikmah Al Ibrohimi, Kabupaten Gresik, berjibaku memanjat tiang bendera saat upacara HUT RI ke-78 Kemerdekaan RI, menuai banyak pujian serta apresiasi.

Pasalnya aksi Sakha Adiansyah yang terbilang nekat, memanjat, dan membenahi tali bendera yang putus saat upacara di halaman pondoknya tersebut, memancing haru dan derai air mata para guru.

Sakha Adiansyah, yang mengenakan songkok hitam itu aksinya terekam kamera ponsel, dan lantas viral diberbagai media sosial (medsos).

Dengan ekspresi spontan dan tergopoh, Sakha melepas sepatu dan bergegas memanjat tiang bendera. Hingga, berhasil membuat sang Saka Merah Putih berkibar.

Moh. Bachrul Fikar, seorang ustadz di Ushulul Hikmah Al Ibrohimi mengatakan, kejadian terjadi pada saat upacara bendera peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, tepat tanggal 17 Agustus 2023.

"Terjadi pada saat pengibaran bendera, sekitar 07.30 WIB. Tiba - tiba tali bendera putus," kata Moh. Bachrul Fikar dikonfirmasi mili.id, Jumat (18/8/2023).

Menurut Bachrul, para peserta upacara hanya terdiam sunyi saat tali bendera putus, sementara Sakha yang juga petugas pengibar bendera itu spontan langsung memanjat tiang bendera tersebut.

"Tingginya sekitar 15 meter. Guru - guru yang di barisan depan ada yang menangis, sementara ada guru yang lain yang membantu Sakha," jelasnya.

Dua menit berselang, lanjut Bachrul, Tali putus berhasil diraih Sakha, hingga bendera berhasil dikibarkan, disusul dengan nyanyian Indonesia Raya dan penghormatan.

Sementara, atas aksi yang diperbuat Sakha ini, pihak yayasan dan ponpes, memberikan apresiasi berupa beasiswa kepada Sakha Ardiansyah.

"Dari pihak pengasuh ponpes Ushulul Hikmah Al Ibrohimi, KH. Khoirul Atho' Husnan dan KH. Zainur Rosyid memberikan beasiswa kepada Sakha Ardiansyah. Diberikan atas keberniannya, yang juga mencerminkan jiwa patriotisme dan cinta tanakh air," pungkasnya.

Editor : Aris S



Berita Terkait