Polri Tanam Ribuan Pohon di Kenpark Surabaya untuk Lestarikan Ekosistem

© mili.id

Karodalpers SSDM Polri, Brigjen Pol Nurworo Danang mengikuti acara penanaman pohon.(foto: Zain Ahmad /mili.id)

Surabaya - Mabes Polri, Polda Jatim hingga stakeholder menanam ribuan pohon di Komplek Kenjeran Park (Kenpark) Surabaya, Jumat (18/8/2023).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka merayakan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, juga sekaligus sebagai ikhtiar bersama untuk melestarikan ekosistem.

Karodalpers SSDM Polri, Brigjen Pol Nurworo Danang didampingi Karo SDM Polda Jatim Kombes Pol Harry Kurniawan mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini juga dalam upaya penghijauan, yang dilaksanakan serentak di sejumlah wilayah di Indonesia.

"Kegiatan kali ini adalah bentuk kepedulian Polri dalam upaya penghijauan. Ini juga bagian dari soft lauching dari penanaman pohon secara serentak oleh bapak AS SDM Polri yang dilakukan di sepuluh lemdiklat dan juga polda-polda jajaran," katanya.

Danang menyebut, ada beberapa jenis pohon yang ditanam. Diantaranya pohon tabebuya untuk pohon keindahan, dan pohon bakau yang ditanam di kawasan hutan mangrove untuk kelestarian ekosistem.

Pihaknya juga mengatakan bahwa upaya penanaman pohon sejak dini ini adalah untuk menjaga kelestarian alam dan ekosostem, khususnya dari dampak pemanasan global akibat perubahan iklim yang anomali dan terjadinya perubahan iklim di beberapa wilayah, dan juga kondisi yang diakibatkan fenomena alam kemarau panjang yang terjadi di indonesia.

"Akibatnya juga berdampak berkurangnya sumber air, berkurangnya pengarian untuk pertanian dan juga berkurangnya sumber air bersih. Yang menyebabkan kekurangan kebutuhan masyarakat sehari-hari. Nah, dampak dari kurangnya air juga berakibat mudah terbakarnya lahan dan hutan di beberapa wilayah di Indonesia," jelas Danang.

Jenderal bintang satu ini menambahkan bahwa untuk memaksimalkan upaya penghijauan ini, Polri bekerjasama dengan stakeholder untuk bersama-sama berupaya melakukan penghijauan kembali di daerah kritis. Baik di wilayah masyarakat serta di beberapa wilayah pesisir.

"Hal ini tak lain untuk menjaga lingkungan kita asri dan memastikan ketersediaan air bagi masyarakat. Selain di Kenjeran, ada beberapa wilayah yang dilakukan upaya serupa. Kami juga laksanakan di seluruh Polres Jajaran Polda Jatim. Ada 39 Polres jajaran yang kami intruksikan melakukan upaya penghijauan ini," tandasnya.

Pada acara puncak, kegiatan ini akan dipimpin langsung Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Labuhan Bajo, pada saat kegiatan Asean Manestrial Metting.

Editor : Aris S



Berita Terkait