Sekolah Dasar di Sidoarjo Terapkan Pelajaran Tidur Siang

© mili.id

Para siswa Sekolah Dasar Muhammadiya 4 Zamzam saat mengikuti pelajaran tidur siang (Foto: Supriyadi / mili.id)

Sidoarjo - Sekolah dasar Muhammadiya 4 Zamzam di Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo menerapkan pelajaran tidur siang bagi siswa.

Penerapan jam pelajaran tidur siang ini dinilai mengoptimalkan konsentrasi siswa dan bisa meningkatkan pembelajaran akademik ketika proses kegiatan belajar mengajar di sekolah dengan sistem full day.

Pelajaran tidur siang ini baru diterapkan pada tahun ajaran ini kepada siswa kelas satu. Hasilnya, para siswa merasa senang dan bisa semangat kembali ketika belajar hingga sore hari.

Para siswa diwajibkan untuk tidur siang salam satu jam mulai pukul 13.00 hingga 14.00 WIB dengan diawasi langsung oleh guru kelasnya. Meski tidak tidur diatas kasur, namun para siswa nampak tidur lelap.

Guru SD Muhammadiyah 4 Zamzam, Kiki Arya Wijaya mengatakan, pelajaran tidur siang ini diterapkan setelah melihat para siswa merasa lelah sampai meminta izin untuk pulang ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar di waktu siang hari.

"Kalau siang itu kayak sudah lelah, ngantuk dan biasanya anak itu rewel juga sehingga kami lihat jam pelajaran siang itu kurang efektif. Menyikapi hal tersebut kami cetuskan program tidur siang tahun ini khususnya kelas satu," kata Kiki, Rabu (13/9/2023).

Jam tidur siang ini dilakukan setelah para siswa kelas satu selesai melaksanakan salat duhur di kelasnya. Usai salat, siswa makan siang dulu dan kelas di setting dulu untuk tidur.

"Persiapan tidur, tempat tidur disetting sedemikian rupa supaya anak-anak merasa nyaman barulah mereka tidur siang. Untuk kemajuan yang dirasakan oleh guru melihat siswa lebih kondusif dan lebih bahagia karena mereka tidak dibebankan pelajaran dari pagi sampai sore. Kamis dan jumat itu tidak ada tidur siang, tapi ada kurikuler wajib dan pilihan," pungkasnya.

Editor : Redaksi



Berita Terkait