Founder J99 Corp Serahkan Bantuan Penanganan Kebakaran di Bromo

© mili.id

Founder J99 Corp saat menyerahkan bantuan penanganan kebakaran di Bromo. (foto: J99 corp for mili.id).

Probolinggo - Kebakaran hutan dan lahan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Probolinggo menjadi perhatian nasional. Hingga hari ini tim gabungan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), TNI, Polri, dan Balai Besar TNBTS mengupayakan pemadaman dan pencegahan meluasnya api ke area lain.

Penutupan lokasi wisata pun dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan, untuk kelancaran proses pemadaman dan keamanan masyarakat.

Pengusaha dengan basis perusahaan di Jawa Timur dan khususnya sebagai warga yang tumbuh dan besar di area Probolinggo, membuat founder J99 Corp, Gilang W Pramana alias Juragan 99 tergerak untuk berkontribusi dalam penanganan masalah ini.

Gilang dan tim menyerahkan langsung bantuan bagi relawan, pihak pemerintah, pengelola, dan masyarakat yang terdampak melalui Balai Besar TNBTS.

"Kebakaran yang terjadi selama sepekan lebih ini, tentu menjadi perhatian kami, apalagi terjadi di area Jawa Timur, yang bisa dibilang adalah rumah bagi J99 Corp. dan saya sendiri secara pribadi bersama keluarga memiliki kedekatan yang erat dengan area ini," katanya saat turun langsung dalam pengantaran bantuan di kawasan Jemplang, Rabu (13/9/2023).

Menurut Gilang, setelah melihat lokasi, ternyata dampak yang terjadi sangat parah dan meluas. Ekosistem terganggu, flora dan fauna juga terdampak. Belum lagi masyarakat dan pelaku usaha yang kesehariannya menggantungkan sumber penghasilan pada pariwisata.

"Semua ini otomatis terdampak dan kami berharap pemadaman bisa segera tuntas, petugas, pemerintah, dan para relawan diberi kekuatan," ujarnya.

Walau beberapa titik api telah berhasil dipadamkan, namun pekerjaan belum usai. Pendinginan yang dilakukan dengan menggunakan jet sprayer dan siraman air tandon masih harus dilakukan.

Bantuan yang diberikan berupa uang tunai Rp55 juta, 19.200 buah masker, 4.800 botol Jiwater air minum artesian dari J99 Corp, serta ratusan perlengkapan keamanan seperti helm, rompi, sepatu, kacamata, dan tabung oksigen bagi mereka yang bertugas memadamkan api dan melakukan proses pendinginan.

"Apa yang tengah terjadi sekarang tentu sangat memukul banyak pihak dan kami akan terus bekerja bersama agar Bromo kembali pulih. Kami sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Mas Gilang dan keluarga besar J99 Corp. Karena seluruh peralatan ini memang sangat diperlukan oleh tim dan para relawan," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, C. Hendro Widjanarko.

"Semoga dengan kejadian ini, masyarakat bisa menjadi lebih bijak lagi dalam bertindak supaya tidak membawa dampak yang merusak lingkungan dan merugikan banyak pihak," tambahnya.

TNBTS yang merupakan primadona wisata di Jawa Timur memang menjadi sumber penghidupan bagi banyak masyarakat sekitar.

"Dari kejadian ini, kita bisa mengambil hikmah dan memetik pelajaran. Salah satunya, dalam berperilaku khususnya di area umum apalagi area wisata. Utamakanlah kepentingan umum, serta memperhatikan dampak dari perbuatan kita terhadap lingkungan sekitar," tutur Hendro.

"Kami akan jaga komunikasi yang erat bersama Balai Besar TNBTS dan ke depan semoga dengan kolaborasi dan niat baik bersama. Kondisi di sini khususnya perekonomian dan pariwisata bisa segera pulih bahkan membaik," tambah Gilang.

Editor : Redaksi



Berita Terkait