Habib Alex Viral, Gus Haris: Belajarlah Berprasangka Baik dari Keturunan Waliyullah

© mili.id

Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Zainul Hasan Genggong, Gus Moh Haris Damanhuri Romly. (M Ahsan/mili.id)

Probolinggo - Viralnya sosok habib Muhammad Alex atau Habib Alex memang menjadi trending topik bagi warga Kabupaten Probolinggo saat ini. Bahkan, sosok Habib Alex yang tak asing bagi masyarakat ini, juga dikenal dengan perilaku aneh, doa dan ucapannya maqbul.

Permintaan foto Habib Alex agar diviralkan di media sosial, mendapat tanggapan dari tokoh agama Kabupaten Probolinggo, salah satunya dari pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Zainul Hasan Genggong, Gus Moh Haris Damanhuri Romly.

Gus Haris berpendapat, bagi segenap warga Kabupaten Probolinggo yang mengenal sosok Habib Alex, tentu banyak merasakan ketidaklaziman perilakunya. Hal itu, kata Gus Haris, adalah satu hal yang lumrah, terlebih lagi Habib Alex merupakan keturunan waliyullah.

"Beliau (Habib Alex) adalah keluarga pesantren di Desa Brani, beliau juga keturunan wali dan memang dikenal dengan doa-doanya yang dianggap makbul," kata Gus Haris kepada mili.id, Jum'at (6/10/2023).

Terkadang perilakunya dan ucapannya, menurut Gus Haris, dianggap merupakan isyarah tertentu dan yang paling lazim dikenal dari sosok Habib Alex adalah kegemarannya bagi-bagi uang dan hal tersebut juga merupakan sikap yang kadang nyeleneh.

"Tentunya menyikapi hal begini perlu kiranya kita semua belajar untuk husnudzon (berprasangka baik), bagi yang percaya silahkan dan yang tidak pun boleh, bee possitif saja tidak perlu disikapi berlebihan," terang putra sulung Nyai Hj Diana Susilowati atau Ning Sus itu.

Editor : Achmad S



Berita Terkait