Benda Mirip Candi Ditemukan di Kerpangan, Probolinggo

© mili.id

Benda mirip candi yang ditemukan warga di Probolinggo (Foto: Fades/mili.id)

Probolinggo - Warga Desa Kerpangan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo menemukan benda kuno mirip candi.

Benda itu ditemukan pada Selasa (10/10/2023) sore, saat pekerja proyek melakukan penggalian pelebaran jalan.

Benda berukuran kurang lebih 20x60 sentimeter itu ditemukan ketika alat berat yang digunakan para pekerja proyek untuk pelebaran di sekitar area pemakaman di Desa Kerpangan untuk jalan kabupaten terkena benda tersebut berkali-kali, hingga membuat pekerja penasaran.

Setelah dicek, ternyata para pekerja dan warga sekitar menemukan benda mirip candi peninggalan kerajaan. Dikhawatirkan benda kuno tersebut benda bersejarah, pekerja proyek dan warga langsung memindahkannya ke pinggir jalan agar tidak ada kerusakan parah.

"Saat penggalian untuk pelebaran jalan, alat berat yang digunakan ini terkena benda keras, karena penasaran, setelah dicek, ternyata ada benda mirip candi. Takut benda berharga dan bersejarah, akhirnya ada yang laporan ke pemerintah," jelas Pardi, warga setempat, Rabu (11/10/2023).

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Probolinggo, Sugeng S Yoga mengatakan, setelah mendapat laporan masyarakat terkait penemuan benda kuno itu, pihaknya langsung mendatangi lokasi penemuan.

"Kami juga datangkan pemerhati sejarah menuju lokasi penemuan benda mirip candi itu untuk pengecekan. Dari hasil pengecekan, ternyata benda itu bukan peninggalan zaman kerajaan karena sudah terbuat dari semen," ujar Sugeng.

Disinyalir benda tersebut merupakan tempat pemujaan. Terlebih di sekitar lokasi penemuan banyak makam-makam tua yang sebagian terawat dan sebagian lagi sudah tertutup semak-semak belukar.

"Hasil pemeriksaan sementara, dugaan kuat benda ini merupakan tempat pemujaan agama tertentu. Pengecekan juga masih kami lakukan lagi, termasuk juga membersihkan makam-makam tua, khawatir ada kaitannya dengan benda yang ditemukan mirip candi ini," pungkasnya.

 

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait