Makanan Pembersih Paru-paru, Nafas jadi Lebih Lega

© mili.id

Ilustrasi/freepik

Mili.id - Makanan pembersih paru-paru yang membuat nafas menjadi lega penting untuk diketahui di tengah polusi udara perkotaan.

Ada beberapa makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru dan sistem pernapasan. Jaga pola makan seimbang yang mengandung makanan berikut:

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran seperti bayam, kale, dan brokoli mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat mendukung kesehatan paru-paru.

2. Buah-buahan Beri

Buah-buahan seperti blueberry, blackberry, dan raspberry mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel paru-paru dari kerusakan oksidatif.

3. Wortel

Wortel mengandung beta-karoten, yang dapat diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Vitamin A penting untuk menjaga selaput lendir paru-paru tetap sehat.

4. Jahe dan Kunyit

Jahe dan kunyit memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu meredakan gejala gangguan pernapasan.

5. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Ini dapat membantu meredakan gejala gangguan pernapasan.

6. Teh Hijau

Teh hijau mengandung katekin, yang merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel paru-paru.

7. Omega-3 Asam Lemak

Makanan kaya asam lemak omega-3, seperti ikan berlemak (salmon, sarden, tuna) dan biji-bijian (kenari, biji rami), dapat membantu mengurangi peradangan dan mendukung kesehatan paru-paru.

8. Air

Pastikan Anda cukup mengonsumsi air untuk menjaga lendir di saluran pernapasan tetap cair, membantu membersihkan paru-paru.

Selain pola makan yang sehat, jangan lupakan pentingnya olahraga teratur, menghindari merokok, dan menjaga kualitas udara di sekitar.

 

Editor : Wahyu S



Berita Terkait