Kafe BUMDesa Omah Pring Pandaan Pasuruan Ludes Jadi Arang

© mili.id

Petugas damkar berupaya memadamkan api membakar Kafe Omah Pring.(foto: M Rois/mili/id)

Pasuruan - Bangunan Kafe Omah Pring, BUMDesa Kujati Perdana Desa Karangjati, Dusun Kalitengah, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, yang berada di pinggir jalan raya Bypass Pandaan ludes jadi arang, Selasa (17/10/2023) pukul 12.00 WIB.

Saking parahnya, besarnya api yang melalap area kafe seluas sekitar 250 meter persegi itu tinggal menyisakan bangunan musala dan kantor BUMDesa.

"Mayoritas bangunan kafe terbuat dari bambu dan atap welit alang-alang. Sehingga api cepat berkobar," jelas Kanit Reskrim Polsek Pandaan, Iptu Budi Luhur di lokasi kebakaran.

Budi menerangkan jika kobaran api awalnya diketahui muncul dari sisi bagian atap kafe sisi sebelah timur. Dani, karyawan kafe yang saat itu berada di area dalam, ketika mengetahui ada kobaran api langsung memberitahu temannya dan tukang renovasi untuk bersama-sama berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Namun ditengah cuaca panas dan angin kencang yang terjadi, membuat usaha itu tidak berhasil. Malahan, api semakin cepat membesar.

Sementara itu, 5 unit mobil pemadam kebakaran yang kemudian datang berjibaku memadamkan api, baru berhasil memadamkan menjelang pukul 12.45 WIB.

Akan tetapi, bangunan kafe omah pring, lemari es 2 unit, rak buku, 20 meja, 50 kursi, TV dan sound system serta peralatan dapur ludes terbakar, dan korban ditafsir menelan kerugian Rp 1.5 miliar lebih.

"Penyebab kebakaran diperkirakan faktor alam karena cuaca sangat panas dan gesekan bahan atap kafe yang terbuat dari bambu serta welit alang alang kering, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa hanya kerugian materil saja," tandasnya.

Editor : Aris S



Berita Terkait