Hacktober Fest 2023, Sistekin Untag Surabaya Gandeng 13 Komunitas IT Se- Jawa Timur

© mili.id

Acara Hacktober Fest 2023 di Gedung Graha Prof. Roeslan Abdulgani Kampus Untag Surabaya.(foto: Rachmad FT/mili.id)

Surabaya - Program Studi (Prodi) Sistem dan Teknologi Informasi (Sistekin) Untag Surabaya berkolaborasi dengan komunitas IT se-Jawa Timur dalam acara Hacktober Fest 2023 di Gedung Graha Prof. Roeslan Abdulgani kampus setempat, Minggu (22/10/2023).

Para komunitas Informasi dan teknologi (IT) yang ikut serta dalam acara Hacktober Fest 2023 meliputi Surabaya Hacker Link, Suwec, Lamongandev, SurabayaJs, Surabayadev, Bangkalan Dev, Klas, Data Science Indonesia, Surabaya.py, Google Developer Groups Surabaya, Android Dev Surabaya, Jagoan Hosting, dan Surabaya Tech Community.

Selain kegiatan seminar bertema ‘A Celebration of Code and Collaboration’ pada acara tersebut juga terdapat workshop yang dibagi menjadi dua kelas dengan pilihan materi yang berbeda.

Peserta asal Jawa Timur, bahkan dari perguruan tinggi yang berbeda, dapat memilih salah satu dari dua kelas kelas yang tersedia, yakni kelas Basic Penetration Test atau GitHub Action.

Sawitry, perwakilan dari Surabaya Tech Community menyampaikan bahwa terdapat beragam komunitas IT di Surabaya dengan fokus bidang yang berbeda-beda.

“Sebenarnya, di Surabaya terdapat beragam komunitas IT yang tidak hanya berkaitan dengan pemrograman. Mungkin jika teman-teman tahu, ada Surabayadev dan SurabayaJS yang fokus pada bidang pemrograman. Di komunitas kami, tidak hanya tentang pemrograman, tetapi juga membahas keamanan siber. Jika kalian tertarik dengan proyek open source, ada juga yang membahasnya di komunitas kami,” ujarnya (22/10)

Sawitry juga menekankan bahwa komunitas IT tidak hanya berfungsi sebagai tempat hiburan semata, melainkan sebagai pusat berbagi informasi terbaru seputar teknologi dan mendukung pekerjaan professional di bidang IT.

“Komunitas IT mendukung bukan hanya sebagai tempat kegiatan organisasi, tetapi juga untuk pekerjaan kita. Di sini, kita selalu terupdate tentang teknologi industri. Kami berharap teman-teman yang hadir dapat belajar, tidak hanya sekedar bersenang-senang, tetapi juga aktif mendukung hal-hal dibutuhkan dalam dunia IT,” tutup Sawitry

Avina, perwakilan dari Jagoan Hosting, juga turut hadir dan mengucapkan terima kasih atas kesempatan untuk berkolaborasi dengan teman-teman baru.

"Kami berharap dapat memberikan dukungan pada infrastruktur dan kegiatan di komunitas IT lainnya," tandasnya.

Editor : Aris S



Berita Terkait