Inovasi Bisnis Bawa Pelindo Regional 3 Kotabaru Raih Peningkatan Pendapatan

© mili.id

Pelabuhan Kotabaru. (Pelindo regional 3 for mili.id)

Surabaya - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) regional 3 Kotabaru Kalimantan Selatan mengumumkan pencapaian terbarunya dalam upaya meningkatkan pendapatan perusahaan melalui inisiatif bisnis baru dan kerjasama strategis.

Pelindo regional 3 Kotabaru berhasil mencatat peningkatan pendapatan yang signifikan dengan membuka bisnis baru yakni pemanduan alur selat laut dan kerjasama pelayanan pemanduan untuk kegiatan ship to ship di area Tanjung Pemancingan.

Regional Head 3 Pelindo, Ardhy Wahyu Basuki mengatakan, capaian ini dirasa cukup spesial mengingat pada tahun 2021, Pelindo Regional 3 Kotabaru sebelum merger sempat mengalami penurunan pendapatan. Faktor itu disebabkan beberapa faktor seperti perubahan dalam dinamika pasar dan persaingan jasa pandu dan tunda dengan pihak swasta yang semakin ketat.

Namun, melalui transformasi layanan operasional pasca merger pada tahun 2022 Pelindo regional 3 Kotabaru berhasil melakukan comeback dengan meningkatan pendapatan melalui bisnis tersebut.

"Kami sangat bangga dapat mencatat peningkatan pendapatan melalui inisiatif bisnis baru dan kerjasama strategis ini. Ini merupakan langkah penting dalam upaya kami untuk terus berinovasi dan mendukung pertumbuhan industri maritim di wilayah kami," kata Ardhy dalam siaran tertulisnya, Selasa (24/10/2023).

"Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan berperan aktif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional," imbuhnya.

Secara rinci Ardhy menjelaskan, bahwa Pelindo Regional 3 Kotabaru sempat mengalami penurunan arus kapal dari 13,5 juta GT di tahun 2020 menjadi 12,9 juta GT di tahun 2021.

Namun angka itu meningkat secara drastis menjadi 14,5 juta GT pada tahun 2022 dan diprediksi mencapai 25,5 juta GT pada tahun 2023 dampak dari inovasi bisnis baru yang dilakukan Pelabuhan Kotabaru.

"Data ini tentunya menjadi bukti bahwa inovasi bisa memberikan dampak yang luar biasa. Sampai dengan bulan September tahun ini, Pelindo Regional 3 Kotabaru mencatat pertumbuhan laba year on year hingga 23% menjadi 97,58 miliar rupiah," pungkas Ardhy.

Pelindo Regional 3 Kotabaru yakin bahwa upaya mereka untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan pasar akan terus membuahkan hasil positif.

Editor : Achmad S



Berita Terkait