Polrestabes Surabaya Gandeng Grab Gelar Safety Riding Back To School

© mili.id

Wakasat Lantas Polrestabes Surabaya AKP Aristianto Budi Sutrisno, menyampaikan kepada seluruh peserta pelajar agar tertib dalam berlalu lintas.(Foto: Humas Polrestabes Surabaya for mili.id)

Surabaya - Satlantas Polrestabes Surabaya berkolaborasi dengan Grab menggelar kegiatan Safety Riding Back to School dengan tema 'Keselamatan Berlalu Lintas' di SMAN 5 Surabaya.

Acara ini bertujuan untuk mengantisipasi maraknya pelajar sebagai pengguna kendaraan bermotor tanpa memiliki SIM dan tidak mengetahui etika lalu lintas.

Sebanyak 100 peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari kelas 10 dan 11.

Para pelajar kebanyakan tidak belajar teknik berkendara dengan benar, mereka melakukannya secara otodidak, asal bisa melaju dan berhenti di atas sepeda motor, maka dianggap sudah bisa menggunakan kendaraan.

Rangkaian Safety Riding Back To School ini dibuka oleh selebgram Surabaya, Andy Sugar, dan sambutan dari Kepala SMAN 5 Surabaya.

Wakasat Lantas Polrestabes Surabaya AKP Aristianto Budi Sutrisno, menyampaikan tentang penyebab kecelakaan lalu lintas (lakalantas) terhadap pelanggar dan pengendara di bawah umur.

"Setiap kejadian lakalantas, dimulai dari pelanggaran," tegas Aristianto.

Menurut data dari Satlantas Polrestabes Surabaya, berikut jumlah lakalantas yang kebanyakan berawal dari pelanggaran.

Pada Juli 2023, jumlah kejadian lakalantas sebanyak 110 dan ternyata yang tidak memiliki SIM 50 orang.

Kejadian lakalantas terbanyak di Agustus 2023, dengan jumlah kejadian 147 dan yang tidak memiliki SIM sebanyak 63 orang.

Sedangkan September 2023 lalu, tercatat 117 kejadian dan tidak memiliki SIM 52 orang.

Jika total keseluruhan 3 bulan, kejadian sebanyak 374, serta kecelakaan tidak mempunyai SIM berjumlah 165 orang.

Satlantas Polrestabes Surabaya berharap pelajar dapat memahami peraturan dan etika berkendara di jalan raya.

Program kolaborasi Satlantas Polrestabes Surabaya bersama Grab dalam Safety Riding Back to School ini telah hadir di sekolah ke - 8.

Editor : Redaksi



Berita Terkait