Manfaat Konsumsi Ikan Sidat Bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui!

© mili.id

Foto:Wikipedia

Mili.id - Ikan sidat dikenal dengan nama lokal Pelus di Pulau Jawa. Ikan sidat habitatnya di perairan yang jernih.

Sepintas ikan sidat mirip dengan belut, memiliki tubuh buat panjang dengan mata yang kecil. Yang membedakannya adalah ikan sidat memiliki sirip didekat kepalanya, sehingga seperti telinga.

Ikan sidat mengandung berbagai nutrisi dan zat yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan manusia. Beberapa manfaat kesehatan dari mengkonsumsi ikan sidat meliputi:

1. Sumber Protein

Ikan sidat adalah sumber protein yang baik. Protein adalah nutrisi penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh, termasuk otot dan tulang.

2. Asam Lemak Omega-3

Ikan sidat mengandung asam lemak omega-3, seperti EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic). Asam lemak omega-3 memiliki manfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Zat Besi

Ikan sidat mengandung zat besi, yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan transportasi oksigen dalam tubuh.

4. Kalsium

Kalsium penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Ikan sidat juga mengandung kalsium yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

5. Sumber Mikronutrien

Ikan sidat juga mengandung berbagai mikronutrien penting, seperti fosfor, selenium, dan vitamin B12, yang diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh.

6. Kandungan Kalori Rendah

Ikan sidat memiliki kandungan kalori yang relatif rendah, sehingga cocok untuk mereka yang ingin menjaga berat badan atau mengikuti diet rendah kalori.

7. Potensi Antiinflamasi

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan sidat dapat memiliki efek antiinflamasi, yang bermanfaat dalam mengurangi peradangan dalam tubuh.

Editor : Wahyu S



Berita Terkait