Ribuan Massa Menggalang Dana di Tugu Pahlawan untuk Solidaritas Bela Palestina

© mili.id

Aksi solidaritas bela Palestina di Tugu Pahlawan Surabaya (foto: Galuh Satrio/mili.id)

Surabaya - Ratusan masa yang menamai sebagai Aswaja (Arek-arek Suroboyo Wani Jogo Al Aqsa) berjalan mengitari Monumen Tugu Pahlawan Surabaya.

Mereka semua beratribut Solidaritas bagi Palestina dengan membawa bendera, poster, hingga spanduk berisi pembelaan dan dukungan bagi warga Palestina, Sabtu (28/10/2023).

Aksi bela Palestina yang dimulai pukul 08.00 - 11.00 WIB itu diikuti orang dewasa, anak-anak, hingga lansia. Mereka menyuarakan dukungan kepada warga Gaza, Palestina yang dinilai kerap dizalimi Zionis Israel.

Doni Hadi Cahyono Perwakilan panitia aksi peduli Palestina mengatakan, kegiatan itu diikuti sekitar 1.500 orang dari berbagai elemen masyarakat dan ormas di Surabaya. Ia mengaku massa membela masyarakat Palestina yang menjadi korban kekejaman Israel.

"Kita bersimpati dan membela saudara-saudara kita yang dizalimi di Gaza. Selain long march, kami juga ada penggalangan dana dan sedang dilakukan, antusias sekali, nanti akan kami berikan ke yang berwenang di sana," ujar Doni, Sabtu (28/10/2023).

Doni mengatakan, aksi solidaritas bela Palestina ini akan ada aksi lanjutan. Harapannya, seluruh warga Surabaya dan Jatim paham persoalan, serta mendukung solidaritas umat muslim di Palestina.

"Kami berharap bisa memberikan dukungan moril pada kawan-kawan dan saudara di Palestina. Kami berikan edukasi tarbiyah kepada masyarakat tentang siapa yang sebenarnya menzalimi di Gaza. Ini bukan hanya menghancurkan umat muslim, tapi juga menghancurkan hak kehidupan dan asasi manusia di sana," pungkasnya.

Sedangkan dipilihnya lokasi Tugu Pahlawan, ia mengaku lokasi itu adalah simbol keheroikan dan perjuangan masyarakat Surabaya. Menurutnya, massa aksi mengambil semangat untuk membela warga Palestina.

 

Editor : Aris S



Berita Terkait