YPTA Surabaya Resmikan Gedung Berinvestasi Rp 33 Miliar

© mili.id

Acara peresmian yang digelar Jumat (27/10/2023), ini turut dihadiri Pengawas YPTA Surabaya, Ketua YPTA Surabaya beserta jajarannya, Rektor Untag Surabaya beserta Wakil Rektor I dan Wakil Rektor II, Pejabat Struktural di lingkungan Untag Surabaya dan kelua

Surabaya - Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya meresmikan Gedung R. Ing. Soekonjono yang pergunakan menjadi fasilitas perkantoran pusat Yayasan Perguruan Tujuh Belas Agustus (YPTA) Surabaya dan kampus setempat.

Acara peresmian yang digelar Jumat (27/10/2023), ini turut dihadiri Pengawas YPTA Surabaya, Ketua YPTA Surabaya beserta jajarannya, Rektor Untag Surabaya beserta Wakil Rektor I dan Wakil Rektor II, Pejabat Struktural di lingkungan Untag Surabaya dan keluarga Alm. R. Ing. Soekonjono.

Ketua YPTA Surabaya, J. Subekti, S.H., M.M. memaparkan pemberian nama gedung baru ini merupakan bentuk terima kasih dan penghargaan YPTA Surabaya kepada Alm. R. Ing. Soekonjono atas inisiasi dan dedikasinya dalam pendirian YPTA Surabaya.

“R. Ing. Soekonjono merupakan seorang insinyur asal Kota Pahlawan yang juga menjadi anggota Partai Nasional Indonesia. Beliau mendirikan YPTA Surabaya sebagai cabang dari YPTA Jakarta dan pernah menjadi Ketua Yayasan mulai tahun 1957-1974 serta menjadi Dekan pertama Fakultas Teknik Sipil,” ujar J Subekti melalui siaran tertulisnya, Sabtu (28/10/2023).

Gedung yang memiliki nilai investasi sebesar Rp 33 M ini akan menjadi sebuah karya seni yang menggabungkan keindahan visual dengan fungsionalitas yang tak tertandingi. “Harapannya gedung ini akan menjadi tempat di mana semua konsep, rancangan dan evaluasi akan dilakukan,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Panitia Swakelola Gedung, Ir. Bantot Sutriono, M.Sc. menyampaikan bahwa gedung A, B dan C ini perlu direstorasi untuk memulihkan kondisi bangunan dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

“Kita merancang pondasi baru ini dengan memberikan pondasi poer sedalam 14 sampai 16 meter agar gedung R. Ing. Soekonjono dapat digunakan dengan aman dan efisien sampai 46 tahun kedepan,” tuturnya.

Gedung yang memiliki bangunan seluas 5.800 m2 ini dengan sengaja diresmikan secara khusus pada saat momentum Sumpah Pemuda ke-95.

“Sekaligus memberikan penanda dan penghargaan tinggi atas buah semangat one team, one goal, one commitment yang selalu kita gaungkan,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor Untag Surabaya, Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA mengaku sangat bersyukur, pasalnya YPTA dan Untag Surabaya selalu bersinergi untuk terus mengembangkan mutu pendidikan.

“Alhamdulillah kita berterima kasih kepada YPTA atas fasilitas yang diberikan untuk pengembangan kualitas pendidikan. Gedung ini harus menjadi semangat bagi kita semua untuk terus maju dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat luas,” ujar Prof Mulyanto.

Kepala Sekolah SMA 17 Agustus 1945 Surabaya - Dr. Prehantoro, S.Pd., S.H., M.H., M.M. turut mendukung pembangunan gedung yang terus diupayakan oleh YPTA Surabaya. “Gedung ini merupakan representatif dari kebersamaan dan kejayaan YPTA Surabaya. Sehingga gotong royong jangan sampai hilang, harus one team, one goal, one commitment untuk memajukan lembaga pendidikan yang kita cintai ini,” tuturnya.

Selain itu, Gedung R. Ing. Soekonjono turut di persembahkan sebuah siluet Pahlawan Kemerdekaan Indonesia yakni Bung Karno dan Bung Hatta serta Peta Indonesia agar tidak menghilangkan identitas Kampus Merah Putih yang juga dikenal sebagai Kampus Nasionalis.

Editor : Aris S



Berita Terkait