7 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh

© mili.id

Foto:Wikipedia

Mili.id - Buah Mengkudu atau buah Pace, juga dikenal sebagai noni atau morinda citrifolia adalah buah yang banyak diterumakan di kawasan Asia Tenggara. Buah Mengkudu telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit.

Berikut manfaat buah Mengkudu bagi kesehatan tubuh kita:

1. Antioksidan

Mengkudu mengandung senyawa antioksidan seperti xeronine, proxeronine, dan asam askorbat, yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas. Antioksidan membantu menjaga kesehatan sel dan mencegah penuaan dini.

2. Antiinflamasi

Buah mengkudu memiliki sifat antiinflamasi, yang berarti dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat dalam mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengkudu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

4. Menurunkan tekanan darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkudu dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang dapat bermanfaat bagi individu dengan hipertensi.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengkudu dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik).

6. Meningkatkan pencernaan

Buah mengkudu dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan gangguan perut lainnya.

7. Meningkatkan energi

Buah mengkudu mengandung senyawa seperti proxeronine yang diklaim dapat meningkatkan energi dan vitalitas.

Buah Mengkudu memiliki rasa yang kuat dan pahit, yang membuatnya sulit untuk dikonsumsi dalam bentuk buah mentah. Oleh karena itu, banyak orang memilih untuk mengonsumsinya dalam bentuk jus atau suplemen.

Editor : Wahyu S



Berita Terkait