Mantan Kapolrestabes Surabaya Resmi Jabat Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK

© mili.id

Pengambilan sumpah jabatan Rudi Setiawan dipimpin oleh Firli Bahuri, di Gedung Merah Putih, Jakarta, pada (06/10). (Foto: YouTube KPK)

Surabaya - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, melantik Irjen Rudi Setiawan sebagai Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK di Gedung Merah Putih KPK, Senin (06/10).

Rudi diangkat sebagai Deputi Penindakan KPK sesuai dengan keputusan Presiden RI nomor 159/TPA Tahun 2023, yang menetapkan pengangkatan pejabat pimpinan tinggi madya.

"Mengangkat saudara Irjen Pol Rudi Setiawan sebagai Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK sejak saat pelantikan. Kepadanya diberikan tunjangan struktural eselon 1A sesuai peraturan UU," bunyi Keppres tersebut.

Dilansir dari kumparan.com, Penyalinan Keppres tersebut telah disampaikan kepada sejumlah pihak, termasuk Ketua KPK, Kapolri, dan Kepala BKN, dan keputusannya telah ditetapkan di Jakarta pada tanggal 31 Oktober 2023.

Firli kemudian memimpin upacara pengambilan sumpah Rudi Setiawan. Pelantikan ini dihadiri oleh Dewas KPK, para pimpinan KPK, serta pejabat pemerintahan yang relevan.

"Maka pada hari ini, Senin 6 September 2023, saya secara resmi melantik Irjen Pol Rudi Setiawan sebagai Deputi dan Eksekusi KPK," kata Firli yang dikutip dari Kumparan.

"Saya percaya bahwa saudara akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya seusai tugas dan tanggung jawab yang diberikan, semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa bersama kita, amin," tutur Firli.

Profil singkat mengenai Rudi Setiawan:

Rudi adalah seorang lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) pada tahun 1993. Dia memiliki pengalaman yang cukup dalam bidang reserse.

Sebelum dilantik sebagai Deputi Penindakan KPK, Rudi telah menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sumatera Selatan.

Selain itu, dalam karirnya, Rudi pernah mengemban jabatan-jabatan penting, termasuk Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Indramayu pada tahun 2010, Kapolres Metro Bekasi pada tahun 2014, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Lampung pada tahun 2017, Dirreskrimsus Polda Sumatera Selatan pada tahun 2017, Kepala Kepolisian Resort Kota Besar (Kapolrestabes) Surabaya pada tahun 2017, dan Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Lampung pada tahun 2019.

Dalam ujian tes makalah atau policy brief seleksi KPK, Irjen Rudi berhasil meraih nilai tertinggi dengan skor 85,54.

 

Editor : Aris S



Berita Terkait