Polisi Turun Tangan Selidiki Pungli dan Premanisme Parkir Kendaraan KBS

© mili.id

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Hendro Sukmono (kanan) - (Foto: Dok. Rama Indra/mili.id)

Surabaya - Kepolisian menyelidiki dugaan pungutan liar (pungli) dan premanisme di parkiran Kebun Binatang Surabaya (KBS). Tindakan ini dilakukan menyusul pengaduan pengunjung hingga viral di media sosial (medsos).

"Akan kami lidik," jelas Kasatreskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Hendro Sukmono kepada mili.id, Senin (13/11/2023).

Hendro menegaskan bahwa saat ini pihaknya telah memerintahkan Unit Reskrim Polsek Wonokromo untuk melakukan penyelidikan mendalam.

"Bila terbukti ada (pungli dan premanisme), akan kami tindak tegas," jelasnya.

Sementara Kanitreskrim Polsek Wonokromo, AKP I Made Sutayana membenarkan pihaknya kini tengah melakukan penyelidikan.

"Masih kami lidik. Kami juga tengah berkordinasi dengan pihak KBS. Setiap hari kami juga patroli di sana," ungkap dia.

Sebelumnya pengelola Kebun Binatang Surabaya (KBS) telah angkat bicara soal keluhan pengunjung terkait pelayanan parkir, yang viral di medsos.

Menurut Pengelola KBS, praktik itu merupakan pungutan liar (pungli), dan telah dilaporkan ke pihak berwajib.

"Hal itu sudah kami laporkan ke pihak berwajib Pemkot Surabaya," terang Humas KBS, Lintang Ratri saat dikonfirmasi mili.id, Senin (13/11/2023).

Sebelum itu, salah seorang pengunjung di KBS mengunggah aksi pungli dan premanisme terkait parkir yang menimpa dirinya. Keluhan itu diunggah melalui akun TikTok @Rogue Hokky, pada Jumat (10/11/2023) lalu.

Dirinya menyebut telah didatangi dan dipaksa untuk parkir di luar area KBS dengan tarif yang begitu mahal, oleh dua oknum pria tak dikenal.

"Kejadiannya ini di luar area KBS. Kami selesai melayangkan aduan ke pihak Dishub Surabaya untuk menertibkan. Terlebih, KBS di sini sudah menyediakan dua lokasi parkir resmi," tegas Lintang.

Menurut Lintang, dua tempat parkir KBS itu berada di sisi barat dan kedua ada di TIJ tepatnya di Terminal Wonokromo.

Lintang mengimbau kepada para pengunjung KBS supaya memarkirkan kendaraannya di kantung parkir resmi, yang telah sediakan KBS

Apabila parkir barat KBS penuh, lanjut Lintang, pengunjung diimbau untuk memutar kendaraan, parkir di TIJ terminal Wonokromo.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait