Polisi Amankan Lutung Jawa Bulu Emas dari Warga Probolinggo

© mili.id

Hewan lutung berbulu emas diamankan dari tangan warga Kecamatan Kraksaan. (Fades/mili.id)

Probolinggo - Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Satreskrim Polres Probolinggo, mengamankan seekor lutung jawa dengan bulu berwarna gold atau emas, Selasa (14/11/2023). Hewan langka tersebut diamankan dari tangan pemiliknya warga Kecamatan Kraksaan.

Usai diamankan dan dibawa ke Polres Probolinggo lutung jawa jantan berusia 2 itu, kemudian diserahkan langsung kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) lalu akan dibawa ke pusat rehabilitasi lutung jawa di Kota Batu untuk dirawat dan dilepasliarkan.

Kanit Tipidter Satreskrim Polres Probolinggo, Aipda Adi Sapta Eka Wijaya mengatakan, pengamanan Lutung Jawa tersebut bermula ketika pihaknya mendapat laporan masyarakat adanya orang yang memelihara lutung tersebut. Dari laporan itu lalu langsung ditindaklanjuti.

"Setelah kami tindaklanjuti dan cek ke lokasi, kami langsung berkoordinasi dengan pihak BKSDA. Dan saat di lokasi lutung jawa ini kami dapat sedang lagi di kandangnya dengan kondisi sehat, sedangkan untuk yang memelihara kami minta keterangan," kata Sapta saat ditemui di ruangannya.

Dari keterangan pemiliknya, menurut Sapta, lutung tersebut didapatkan dari hutan di Desa Sentul, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo saat masih anakan. Saat ini, lutung tersebut sudah dibawa pihak pusat rehabilitasi lutung jawa menuju Kota Batu.

"Informasi sementara tidak membeli, melainkan hasil temuan di hutan di Kecamatan Gading saat masih kecil kemudian dirawat hingga sekarang. Yang kami amankan hanya satu ekor saja," tutur mantan Kanitreskrim Polsek Gending itu.

Sementara Kepala Pusat Rehabilitasi Lutung Jawa, Iwan Kurniawan mengatakan, jika langkah awal pihaknya akan karantina terlebih dahulu dan jika sudah dirasa cukup baru akan dilepasliarkan. Untuk lutung jawa sendiri, memilik dua jenis warna bulu, yakni hitam dan oranye.

"Untuk habitatnya lutung ini tersebar di daratan jawa bahkan ada sedikit populasi di Pulau Bali dan Lombok yang hidupnya berada di daerah hutan tropis. Sampainya di Probolinggo mungkin bisa jadi karena perdagangan atau lain-lainnya," pungkas Iwan saat ditemui di Mapolres Probolinggo.

Editor : Achmad S



Berita Terkait