Cegah Gangguan saat Pemilu, TNI-Polri Siagakan Satgas Preventif

© mili.id

Polri-TNI Probolinggo saat rapat koordinasi Operasi Mantap Brata Semeru 2023-2024. (Fades/mili.id)

Probolinggo - Guna memastikan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) wilayah jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Polres Probolinggo Kota gencar dan rutin berpatroli di sejumlah kantor penyelenggara pemilu di wilayah hukumnya.

Patroli Kamtibmas itu dilakukan, di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo, Gudang Logistik KPU dan kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat dengan melibatkan anggota Kodim 0820 Probolinggo.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani mengatakan, jika patroli itu dilakukan dalam rangka rangkaian kegiatan Operasi Mantap Brata Semeru 2023-2024. Langkah ini dilakukan dengan tujuan memberi rasa aman kepada penyelenggara Pemilu, serta menciptakan pemeliharaan harkamtibmas.

"Hari ini melaksanakan kegiatan patroli dengan tujuan menjaga siskamtibmas di Kota Probolinggo agar tetap aman dan terkendali. Kita juga sempat mengecek personil yang sedang bertugas baik di Kantor KPU, Kantor Bawaslu serta gudang Logistik KPU," kata AKBP Wadi, Rabu (15/11/2023).

Untuk anggota yang berpatroli, menurut AKBP Wadi, masuk ke dalam Satuan Tugas (Satgas) Preventif Operasi Mantap Brata dan berperan penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Sekaligus mencegah potensi gangguan yang dapat membahayakan integritas proses pemilu. 

"Satgas berkoordinasi dan bekerja sama dengan pejabat KPU dan Bawaslu untuk mengatasi terkait masalah keamanan. Sehingga apapun segala bentuk gangguan bisa segera diatasi," ungkap Kapolres.

Tak hanya itu, lanjut Kapolres, Satgas Preventif Operasi Mantap Brata itu nantinya akan rutin patroli, di beberapa titik yang menjadi catatan zona rawan, sehingga peran satgas dalam pelaksanaan pemilu 2024 mendatang sangat dibutuhkan."Olah karena itu, diharapkan  penyelenggara untuk tidak segan-segan dalam menyampaikan informasi kepada petugas pengamanan baik Polri maupun Kodim karena apabila ada suatu permasalahan dalam tahapan pemilu kita langsung mencegah," terang Kapolres.

Sementara itu, Dandim 0820 Letkol Arm Heri Budiasto mengatakan, dalam penyelenggaraan pengamanan pemilu saat ini, semua elemen baik elemen pengamanan dan elemen penyelenggara agar tetap bersinergi dan berkomitmen dalam pengamananan pemilu.

"Hal tersebut bertujuan agar pelaksanaan Pemilu yang akan diselenggarakan pada awal tahun depan bisa berjalan dengan aman dan lancar. Pada intinya kita semua mengharap dalam pemilu tahun 2024 ini situasi berjalan aman dan kondusif," pungkasnya.

Editor : Achmad S



Berita Terkait