Pura-pura Beli Jagung, Seorang Pria Terekam CCTV Gasak Handphone di Mojokerto

© mili.id

Pencurian ponsel Terekam CCTV di toko sembako Jalan Tamansiswa, Kota Mojokerto. (Tangkapan layar video)

Mojokerto - Seorang pria terekam Camera Close Circuit Television (CCTV) melakukan aksi pencurian handphone di toko sembako yang ada di Jalan Tamansiswa, Kota Mojokerto.

Video pencurian handphone Samsung A20 milik Machmuda (56) itu beredar di media sosial (medsos). Kejadian terjadi pada Rabu (15/11/2023) ketika kondisi toko ramai pembeli.

Dalam rekaman 29 detik ini terlihat pelaku dua orang mengendarai motor Honda Vario lalu berpura-pura membeli jagung. Saat itu, pelaku sempat memberikan daftar belanjaan barang sembako ke Machmuda yang berada di meja kasir.

"Saat itu pelakunya datang langsung ke kasir dan minta dilayani. Umi (Machmuda) ikut menimbang dan membungkus jagung karena jumlah yg dipesan banyak,'' ujar Nurul Fitria Wijaya, anak dari Machmuda saat dikonfirmasi," Jumat (17/11/2023).

Rekaman video juga terlihat gerak-gerik pelaku hendak menggeledah meja kasir. Terutama tas Machmuda yang ditaruh di bawah sebelah meja kasir.

Sadar meninggalkan tas yang berisi uang penjualan, Machmuda lantas bergegas kembali ke meja kasir. Saat itu, pelaku pun berpura-pura membayar menggunakan kartu debet namun ditolak korban.

Pelakupun lantas tidak jadi membeli dan meninggalkan toko begitu saja. Selang 10 menit kemudian, salah satu pelaku yang mengenakan helm hitam dan jaket hitam terlihat kembali ke toko.

Saat itu, ia kembali menyerahkan list daftar pembelian ke pekerja toko. Sementara Machmuda tengah ke kamar mandi dengan meninggalkan meja kasir.

Melihat kondisi itu, pelaku pun bergegas mengambil HP korban yang tergeletak di meja kasir dan seketika meninggalkan lokasi tanpa membayar.

"List pembelian diserahkan ke pekerja. Sementara umi saat itu sedang ke kamar mandi. HP-nya langsung dimasukkan ke tas pelaku dan langsung pergi," ungkapsnya.

Machmuda baru sadar HP miliknya raib keesokan harinya. Saat itu, ia teringat dengan sosok pelaku yang memiliki gelagat aneh di meja kasirnya.

Saat membuka video CCTV, baru terlihat HP-nya dicuri sosok yang sempat datang sebelumnya.

"Umi mengira HP-nya tertinggal di dalam toko. Besoknya dicek di CCTV, terlihat jelas ada yang mengambil," pungkasnya.

Editor : Achmad S



Berita Terkait