Peduli Lingkungan Civitas Akademika UHT Lepas 12 Ribu Benih Ikan Air Tawar di Sungai

© mili.id

Peduli Lingkungan Civitas Akademika UHT Lepas 12 Ribu Benih Ikan Air Tawar di Sungai. (Universitas Hang Tuah for mili.id)

Surabaya - Civitas akademika Universitas Hang Tuah (UHT) melepaskan 12 ribu ekor benih ikan tombro dan nila di bantaran sungai di Jalan Arif Rahman Hakim atau tepat di depan kampus setempat. Jumat (17/11/2023).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka kepedulian lingkungan hidup dan pelestarian budi daya ikan air tawar yang populasinya dinilai semakin menurun.

Secara simbolis pelepasan benih ikan air tawar itu dilakukan oleh Rektor Universitas Hang Tuah Prof Dr Ir Supartono dan diikuti oleh jajaran pimpinan civitas akademika kampus setempat.

Rektor UHT, Prof Dr Ir Supartono mengaku atas prihatin akan penurunan jumlah jenis ikan serta kualitas lingkungan perairan sungai di depan kampus yang dikenal dengan kampus laut biru itu.

Menurutnya dilokasi tersebut selain sebagai tempat hiburan masyarakat untuk memancing juga turut membantu memenuhi kebutuhan protein rumah tangga.

"Untuk itu UHT menunjukkan kepedulian dengan menebar benih ikan nila dan tombro. Karena 2 Species ikan air tawar ini merupakan ikan kosumsi masyarakat luas yang bisa tumbuh dengan cepat dan cepat berkembang biak di habitat air baik di lingkup perairan sungai," bebernya.

Prof Supartono menilai kegiatan restocking ikan ini sangat perlu dilakukan sebab selain untuk peremajaan, juga untuk melestarikan kelangsungan hidup ikan air tawar.

"Sebagai bagian dari kekayaan alam dan plasma nutfah yang keberadaannya harus tetap dijaga dan dilestarikan untuk masa depan generasi bangsa," pungkasnya.

Editor : Achmad S



Berita Terkait