Mappilu PWI Probolinggo Raya Ambil Peran Sukseskan Pemilu 2024

© mili.id

Mappilu PWI Probolinggo Raya Ambil Peran Sukseskan Pemilu 2024 (Foto: Fades/mili.id)

Probolinggo - Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Probolinggo Raya resmi mendaftar sebagai lembaga pemantau ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Probolinggo, Kamis (23/11/2023).

Penyerahan SK kepengurusan dan formulir pendaftaran diserahkan Penanggung Jawab, HA. Suyuti bersama Ketua Mappilu PWI Probolinggo Raya, Ahmad Faisol didampingi dua pengurus kepada anggota Bawaslu Kota Probolinggo, Ade Nur Wahyudi.

Ketua Mappilu PWI Probolinggo, Ahmad Faisol mengatakan, nantinya Mappilu akan memantau seluruh tahapan Pemilu 2024 di Kota Probolinggo dengan dana mandiri.

"Sedikitnya ada 15 pengurus Mappilu yang akan memantau. Mappilu sebagai lembaga pemilu yang terakreditasi, nantinya mengambil peran dalam menyukseskan pemilu yang demokratis, jujur dan adil di Kota Probolinggo," ungkap Faisol.

Sementara anggota Bawaslu Kota Probolinggo, Ade Nur Wahyudi menyambut baik Mappilu yang akan menjadi mitra pengawasan partisipatif Pemilu 2024. Dia berharap, Mappilu nantinya bisa mensupport penuh pelaksanaan Pemilu 2024 di Kota Probolinggo.

"Mappilu merupakan lembaga pemantau kedua yang telah resmi mendaftar sebagai pemantau. Kami berterima kasih karena mendapatkan support dalam menjalankan fungsi pengawasan," jelas Ade.

Penanggung Jawab Mappilu, HA. Suyuti menyebut, pendaftaran Mappilu merupakan tindak lanjut dari MoU yang diteken antara PWI Probolinggo Raya dengan Bawaslu Kota Probolinggo pada Februari 2023 lalu.

"Keistimewaan Mappilu, selain melakukan pemantauan mereka juga mengangkat pemberitaan mengenai pengawasan pemilu, karena pemantau Mappilu merupakan wartawan," tutur Ketua PWI Probolinggo Raya itu.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait