Pengemis Surabaya Marah Viral Sudah Diamankan Polisi

© mili.id

Tjoa Anton Budijanto dimintai keterangan di Polrestabes Surabaya sebelum dilimpahkan ke Dinas Sosial Pemkot Surabaya. (Foto : Jatanras Polrestabes Surabaya for mili.id)

Surabaya – Pengemis viral di media sosial (medsos) TikTok karena aksi mengetuk kaca mobil dan marah ketika tidak diberi uang kini diamankan polisi.

Pengemis itu Tjoa Anton Budijanto diamankan oleh Unit Jatanras Polrestabes Surabaya, saat dirinya berada di rumah kos Ngagel Dadi, Gang 3.

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya ABKP Hendro Sukmono mengatakan, pengemis diamankan kerena tidakannya dinilai meresahkan.

Dijelaskan, pengemis Anton ini mematok uang minta minta kepada seseorang, di rumah rumah warga, bahkan juga sejumlah ruas jalan raya.

"Dia mengetuk pintu kaca mobil terhadap para pengemudi di tempat tempat umum, akan tetapi memaksa. Sesuai jumlah nominal uang yang diinginkan," kata Hendro, Minggu (26/11)

Selain memaksa, Anton kesehariannya dikenal sebagai orang yang temprament mudah sekali marah.

"Anton tinggal seorang diri, memiliki dua orang saudara tidak bisa dihubungi di Jakarta dan di Taiwan," jelas Hendro.

Menurutnya, hasil perhari dari tindakannya itu, Anton bisa mengantongi uang sebesar Rp 100.000 setiap harinya.

"Hasilnya, dibuat untuk memenuhi kebutuhan sehari hari," paparnya.

Sementara, dari penangkapan yang dilakukan Unit Jatantas, kini Anton dilimpahkan ke Satpol PP Surabaya, dan dibina Liponsos kota Surabaya.

"Kordinasi dengan Satpol PP Surabaya, Dinsos dan saat ini yang bersangkutan kembali dilakukan pembinaan satu minggu ke Liponsos Keputih," pungkasnya.

Editor : Aris S



Berita Terkait