Trik Jitu Hindari Modus Pencurian Pecah Kaca Mobil, Nomor 5 Paling Penting

© mili.id

Foto ilustrasi freepik

Surabaya - Bandit pecah kaca mobil baru baru ini menyatroni dua mobil ASN Pemkot Surabaya, yaitu pada Sabtu (25/11/2023).

Dua mobil tersebut terparkir di dekat Balai Kota Surabaya. Dokumen penting milik ASN raib digondol bandit, setelah kaca mobil sisi kemudi dipecahkan.

Modus pencurian pecah kaca mobil ini tergolong trik lama. Sehingga diperlukan kiat-kiat khusus untuk menghindari para bandit pecah kaca mobil tersebut.

Berikut trik penting menghindari pencurian dengan modus pecah kaca mobil, dihimpun mili.id dari berbagai sumber:

1. Parkirlah mobil di tempat yang aman

Trik paling ampuh pertama agar terhidar dari modus pencurian pecah kaca mobil, adalah memarkirkan mobil di tempat- tempat umum; yang ramai serta mudah dipantau.

Sehingga, hindari memarkirkan mobil anda di tempat yang jauh dari keramaian atau tempat yang sepi. Apalagi saat malam hari, anda harus lebih waspada menghindari parkir yang gelap.

2. Hindari menutup kaca mobil secara penuh saat di parkiran

Untuk mengantisipasi tindak kejahatan seperti pencurian yang tidak diharapkan, sisakan celah 1 cm pada kaca mobil, dan jangan tutup rapat.

Hal ini diperlukan sebagai jalur sirkulasi udara, yang dapat menghambat pelaku pencurian saat berusaha memecahkan kaca mobil anda, dengan busi atau benda - benda keras lainnya.

3. Pasang alarm mobil

Selanjutnya, yang dapat kalian lakukan adalah dengan memasang alat pengaman tembahan. Seperti halnya; sensor automatik, alarm ganda ataupun electric cut-off.

Hal itu perlu dilakukan, agar mobil yang belum disematkan fitur Immobilizer, dapat mencegah mobil anda ketika disentuh dan dicoba dibawa kabur oleh pelaku kejahatan.

4. Gunakan kaca film di mobil

Cara lain yang bisa diterapkan adalah dengan memasang kaca film, sebanyak kadar 60 persen di setiap bagian kaca mobil. Berfungsi, untuk menutupi barang- barang berharga agar tidak terlihatndari luar.

5. Jangan tinggalkan barang barang di mobil

Untuk menjamin keamanan barang - barang di dalam mobil, dan tidak memancing pelaku kejahatan sebaiknya simpan barang berharga di tempat aman, yang tertutup di dalam mobil.

Manfaatkan kompartemen tertutup dan taruh barang di tempat seperti; laci atau bagasi, glove box, atau bisa juga memanfaatkan 'tray' penutup pada bagasi, bagi anda pemilik mobil Sport Utility Vehicle (SUV) ataupun hatchback.

Itulah trik aman, agar kaca mobil tidak pecah, serta untuk menghindari tindak kejahatan pencurian ketika mobil anda keadaan diparkir.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait