Tips Belanja Online Supaya Terhindar dari Penipuan, Nomor 6 Harus Diperhatikan

© mili.id

Ilustrasi/mili.id

mili.id - Belanja secara online kini lebih banyak dipilih orang. Sebagian alasan karena instans dan tidak ingin capek. Selain praktis, juga beberapa barang yang dijual pun terjangkau murah.

Masyarakat hanya cukup bertransaksi di manapun lalu barang yang dipesan akan diantar sesuai pesanan dan alamat yang disimpan atau tujuan.

Lantas, bagaiman cara agar kita bisa belanja online dengan aman, nyaman dan tidak tertipu?

Berikut tips yang bisa kamu lakukan yang dilansir dari berbagai sumber :


1. Pilih e-commerce terpercaya

E-commerce adalah jual beli atau transaksi yang dilakukan menggunakan sarana media elektronik (internet).

Bagian kalian yang ingin belanja online, lebih baik pilih dulu e-commerce yang terpercaya. Kemudian, cobalah untuk buat daftar kebutuhan yang Anda inginkan agar sesuai dengan pengeluaran.

Yang terpenting, bandingkan juga dengan e-commerce lain sebagai acuan bahwa Anda benar-benar tidak salah memilih e-commerce.

2. Perhatikan verifikasi e-commerce

Cek kembali apakah e-commerce yang Anda pilih tersebut sudah terverifikasi atau tidak. Disarankan untuk tidak sembarangan mengklik tautan melalui SMS atau email, cukup langsung kunjungi situs e-commerce tersebut.

3. Periksa rating

Biasanya beberapa e-commerce mencantumkan penilaian dari para pembeli. Usahakan cari e-commerce yang memiliki rating bagus.

E-commerce yang cukup bagus akan banyak mendapat penilaian bagus dari para pembelinya. Jika memiliki tanggapan positif, sudah bisa dikatakan bahwa e-commerce tersebut memiliki reputasi baik.

4. Baca ulasan dan deskripsi produk

Sebelum memilih barang yang Anda inginkan, sebaiknya Anda memerhatikan ulasan produk tersebut.

Hal ini memudahkan Anda untuk mendapatkan informasi apakah barang tersebut layak atau tidak terutama yang memuat dengan foto-foto. Selain itu, Anda bisa lihat deskripsi barang terutama baha-bahan pokok.

5. Pililah cara membayar aman

Banyak sekali metode pembayaran transaksi secara online. Pilihlah metode yang sesuai dengan e-commerce tersebut, misalnya menggunakan rekening Bersama.

Rekening tersebut merupakan sebagai perantara antara pembeli dan juga penjual, sehingga uang yang Anda transfer juga tidak langsung diterima penjual. Simpan juga bukti pembayaran Anda, apabila barang yang Anda terima tidak sesuai dengan ekspektasi.

6. Jangan pernah bagikan kode rahasia

Apabila Anda mendapatkan kode rahasia melalui pesan singkat misalnya SMS, itu adalah kode untuk otorisasi transaksi.

Jadi, jangan pernah bagikan kode yang bersifat rahasia ke pihak manapun yang tidak Anda kenal dengan alasan apapun.

Editor : Aris S



Berita Terkait