Cawapres Mahfud MD Silaturahim ke Ponpes Sukorejo Situbondo

© mili.id

Cawapres Mahfud MD dan rombongan didampingi Wakil Ketua Pengasuh Ponpes Sukorejo KH Afifudin Muhajir.(Foto:Bahri for mili.id)

Situbondo - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut dua, Mahfud MD bersilaturahmi ke Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiah Syafi'iyah Sukorejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, Minggu (3/12/2023).

Sebelum bersilaturahmi Mahfud MD dan rombongan terlebih dahulu ziarah ke makam pahlawan nasional dilingkungan ponpes tersebut, yang juga pengasuh kedua Ponpes Sukorejo, Situbondo, KHR As'ad Syamsul Arifin.

Cawapres Mahfud MD dan Kiai Azaim melakukan pertemuan secara tertutup di rumah pengasuh sekitar satu jam.

Mahfud MD mengatakan kedatangannya ke Ponpes Sukorejo, Situbondo, bukan hanya bertujuan untuk meminta dukungan semata. Namun, untuk menjalin silaturahmi supaya tetap terjalin dengan baik, mengingat dirinya sering berkunjung ke ponpes terbesar di Jawa Timur tersebut.

"Saya dua hari bersilaturahmi kepada para kiai, kemarin (Sabtu red-) ke Trenggalek, dan ke makam Gus Dur, sekarang ke Kiai Samsul Arifin," kata Mahfud MD pada Minggu (3/12/2023) di Situbondo Jawa Timur.

Menurutnya, diakui para kiai memiliki pandangan politik yang berbeda-beda. Sehingga tidak bisa menyimpulkan bahwa dukungan secara penuh terhadap satu pasangan calon tertentu.

"Para kiai mempunyai sikap politik masing-masing yang otonom, tetapi kita minta doa saja, mereka cerdas-cerdas. Yang penting kiai dan santri tidak menjadi korban," bebernya.

Saat ditanya tentang dihapusnya debat cawapres, pria asal Madura ini mengatakan, kebijakan tersebut sepenuhnya KPU yang memutuskan. Mahfud menerima jika debat tersebut tidak diadakan.

"Tidak ada debat cawapres ya tidak apa-apa, itu urusan KPU, disuruh debat setuju, disuruh lomba goreng martabak juga setuju," paparnya.

Sementara itu, KH Afifudin Muhajir, Wakil Ketua Pengasuh Bidang Ilmiah Ponpes Sukorejo, Situbondo mengatakan, tidak ada pembicaraan khusus dukungan dalam pertemuan dengan pengasuh, hanya saja Mahfud MD minta doa.

"Tidak ada pembicaraan khusus terkait dukungan, Pak Mahfud hanya minta doa saja,"ujar Kiai Afifudin.

Editor : Aris S



Berita Terkait