Beli Rokok Pakai Uang Palsu di Surabaya, Pelaku Terekam CCTV

© mili.id

Wajah pelaku saat terekam CCTV (Agus Noris for mili.id)

Surabaya - Viral di media sosial rekaman closed circuit television (CCTV) berdurasi satu menit tujuh detik yang mempertontonkan aksi pria misterius menipu penjaga toko sembako di Jalan Gedung Pengkol Gang I, Mojo, Gubeng, Surabaya.

Pria tersebut beli rokok menggunakan uang palsu (upal) dengan pecahan Rp 100.000. Korbannya adalah NR (69), nenek delapan cucu ini jadi korban penipuan.

Anak korban, Agus Noris (43) bercerita, pelaku datang menggunakan Honda Vario kemudian membeli rokok seharga Rp 25 ribu menggunakan Upal Rp 100 ribu.

"Jadi awalnya ibu saya tanya uangnya berapa dijawab Rp100 ribu, ibu saya masuk ke dalam menyiapkan uang kembalian. Ibu saya keluar memberikan uang asli. Ibu menerima uang Rp100 ribu saat dipegang kok beda, lalu ibu berusaha ngejar orangnya itu tapi pelaku sudah kabur," kata Agus, Senin (4/12/2023).

Diduga kuat pelaku sudah merencanakan aksi tersebut, pasalnya ketika NR menerima upal tersebut merasa janggal karena warna merah pada uang tidak begitu terang.

Saat dihampiri NR untuk menanyakan keaslian uang tersebut, pelaku bersikap acuh dan langsung tancap gas kabur melintasi gang kecil untuk menuju Jalan Raya Dharma Husada. Menurutnya, pelaku dipastikan bukan warga sekitar.

"Dia dapat uang kembali Rp 75 ribu dan rokok. Ini baru pertama kali. Gak ada yang kenal wajah orang itu. Saya share di Medsos," tambahnya.

Ketika mendapat laporan dari ibundanya, Noris langsung menganalisa uang tersebut menggunakan sinar UV yang dipinjam dari tetangganya. Dia kaget karena menemukan banyak perbedaan dengan uang asli yang beredar.

Pertama, nomor seri uang kertas tersebut tidak memantulkan cahaya biru seperti uang asli saat kena sinar UV. Kedua, pada benang pengaman kertas, tampak berwarna hitam saat dikenai sinar UV, tidak seperti uang asli yang justru mengkilat.

Ketiga, hologram yang terletak di sisi kiri bawah kertas, juga tidak memantulkan cahaya mengkilat saat dikenai paparan sinar UV. Keempat, tekstur kertas Upal lebih halus ketimbang kertas uang asli yang cenderung kasar. Kelima, ukuran Upal lebih pendek dua inci ketimbang ukuran kertas uang palsu.

"Warnanya, yang asli lebih merah dan tampilan hologramnya tidak ada kalau uang asli tampilan hologramnya ada warna coklat tapi kalau yang palsu hanya berwarna hitam," pungkasnya.

Editor : Achmad S



Berita Terkait