Liga 3 Kapal Api PSSI Jatim Tanpa Kehadiran Suporter Tamu

© mili.id

Wakil Ketua Umum PSSI Jatim, Amir Burhanuddin. (Komite Media PSSI Jatim)

Surabaya - Kompetisi Liga 3 Kapal Api PSSI Jawa Timur, akan dilaksanakan secara streaming dan tanpa kehadiran suporter tamu. Pembukaan Liga 3 digelar di Stadion Canda Bhirawa, Pare, Kediri, mulai 5 Desember 2023 mendatang.

"Pertandingan di Liga 3 Kapal Api PSSI Jatim 2023 sesuai peraturan PSSI bisa dihadiri penonton, tapi tanpa kehadiran suporter tim tamu, karena itu agar suporter tetap menikmati laga, semua pertandingan akan bisa disaksikan via live streaming," kata Wakil Ketua Asprov PSSI Jatim, Amir Burhannudin dalam rilis, Senin (4/12/2023).

Asprov PSSI dan Polda Jatim mengadakan rapat koordinasi untuk menindak lanjut keputusan rakor dalam menyambut kompetisi Liga 3 Kapal Api.

Berdasarkan asesmen pihak kepolisian, kondisi stadion dianggap harus ada perbaikan yang diteruskan oleh klub kepada Dispora maupun kepala daerah sebagai pemilik stadion.

Hasil rakor lainnya, suporter tim tamu dilarang hadir di stadion sebagai antisipasi agenda pengamanan. Nantinya, suporter tetap dapat menyaksikan seluruh laga pertandingan melalui live streaming via channel PSSI.

Demi menciptakan kompetisi yang nyaman dan aman, seluruh pihak yang terlibat pada Kompetisi Liga 3 Kapal Api Jatim, diwajibkan menandatangani pakta integritas, yang harus ditandatangani oleh Presiden Klub/Owner/CEO/Manager, seluruh pemain dan official tanpa terkecuali, hingga pimpinan suporter.

Beberapa poin dalam pakta integritas sebagai berikut:
- Tidak akan menjadi bagian dari segala bentuk perjudian dan/atau taruhan apa pun dalam bentuk online ataupun secara langsung terkait dengan sepak bola, termasuk meminta atau memfasilitasi atau mencoba untuk meminta atau memfasilitasi orang lain untuk melakukannya.

- Tidak akan menoleransi segala bentuk manipulasi (baik dengan menawarkan atau mencoba menawarkan suap atau dengan menerima atau mencoba menerima atau mencari suap) atau secara tidak sah mengubah atau mempengaruhi hasil atau aspek lain dari suatu pertandingan atau kompetisi sepakbola.

- Tidak akan melakukan provokasi yang menimbulkan keributan sehingga tidak bisa menjaga stabilitas keamanan di tempat pertandingan berlangsung; Dan yang paling penting bersedia di diskualifikasi dari Kompetisi Liga 3 Kapal Api Asprov PSSI Jawa Timur 2023/2024 jika terbukti melakukan provokasi/pembuat keributan/tawuran/kericuhan.

Bila diketahui ada yang melanggar kesepakatan, sanksi berat berupa diskualifikasi dari kepersertaan kompetisi Liga 3 Kapal Api PSSI Jatim

“Kami membuat pakta integritas dengan klub peserta, hal tersebut sebagai upaya dan langkah pencegahan terhadap tindakan-tindakan atau persepsi-persepsi negatif yang dapat merugikan sepakbola Jawa Timur,” papar Amir.

Ia menambahkan, karena Liga 3 Kapal Api PSSI Jatim 2023 ini bersamaan dengan musim kampanye Pemilu 2024, maka semua urusan politik, capres, caleg dilarang masuk stadion.

"Termasuk jersey tim, spanduk capres, caleg dan lainnya yang berbau politik dan pemilu 2024 dilarang masuk stadion," tegasnya.

Menurut jadwal yang telah ditentukan, kick off akan dilakukan 5 Desmeber 2023. Babak pertama akan dilaksanakan tiga hari, yakni 5, 7, dan 9 Desember 2023. Sementara putaran kedua akan digelar pada 13, 15 dan 17 Desember 2023.

"Asumsi kita, Liga 3 Jatim ini akan selesai pada akhir Februari atau awal Maret 2024. Karena 10 Maret itu sudah awal Ramadhan. Putaran nasional sendiri akan digelar pada April mendatang," pungkasnya.

Menurutnya, dengan jadwal yang berurutan ini, klub-klub tidak menunggu terlalu lama. Secara otomatis, tidak terjadi pembengkakan biaya yang akan memberatkan klub peserta.

Editor : Achmad S



Berita Terkait