Kuras Sungai Kedungrejo, Jenazah Pelajar SMA Jombang Tenggelam Ditemukan

© mili.id

Petugas Polres Jombang mengidentifikasi jenazah korban.(Foto: Apriyanto/mili.id)

Jombang - Upaya pencarian Arga Saputra (16) pelajar SMA asal Dusun Peluk, Desa Pacarpeluk, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, yang dinyatakan hilang tenggelam di sungai masuk Desa Kedungrejo akhirnya membuahkan hasil.

Korban berhasil ditemukan setelah Basarnas BPBD Kabupaten Jombang dibantu warga melakukan serangkaian pencarian termasuk menguras sungai.

Bayu Prasetyo komandan tim Basarnas Surabaya menjelaskan, berbagai upaya pencarian korban dilakukan di Aliran Subdas melik, yang ada di Dusun Kedung, Desa Kedungrejo, Megaluh, baik oleh relawan, BPBD, Basarnas dan warga.

"Tadi kita lakukan pencarian awal sekitar pukul 17.00 WIB. Kita, menurunkan perahu fiber BPBD, melakukan proses pencarian dengan cara manuvering," kata Bayu, Selasa 5 Desember 2023.

Setelah dilakukan proses pencarian dengan metode manuvering, upaya pencarian juga dilakukan secara manual, dengan menyisir sungai hingga kedalaman 20 meter. Namun, hasilnya masih belum ditemukan.

"Sampai melakukan penyisiran ke bawah sampai 20 meter tetapi masih nihil ya hasilnya. Dan warga sekitar juga berinisiatif membantu menyisir di air, namun hasilnya masih nihil," ujarnya.

Selanjutnya, warga sekitar yang membantu berinisiatif untuk mengerahkan 8 pompa air, untuk menguras air yang ada di sungai. Hingga akhirnya, dini hari korban bisa ditemukan tak jauh dari lokasi titik kejadian musibah (TKM).

"Setelah itu dilanjutkan lagi, inisiatif dari warga menurunkan 8 pompa air untuk berusaha menguras sungai. Dan akhirnya jam 00.10 WIB, korban ditemukan dan dievakuasi ke keluarga korban," tuturnya.

Meski sudah diketemukan, korban dinyatakan meninggal dunia. Selanjutnya jenazah korban dievakuasi ke rumah duka, untuk selanjutnya dilakukan proses pemakaman.

"Korban ditemukan tidak jauh dari TKM, kira-kira 15 meter dari TKM, dalam kondisi meninggal dunia," kata Bayu.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang pelajar SMA dinyatakan hilang tenggelam usai berenang dengan 5 temannya di sungai pada Senin 4 Desember 2023, sekitar pukul 16.55 WIB.

Editor : Aris S



Berita Terkait