Kalahkan Borneo FC 3-1, Pajajaran Bogor Raih Juara Liga Esport Nasional 2023

© mili.id

Pajajaran Esports Bogor saat keluar menjadi juara 1 dalam gelaran Liga Esports Nasional 2023. (foto: Rizal for mili.id).

mili.id - Pajajaran Esports Bogor menjadi juara dalam gelaran Liga Esports Nasional 2023, yang digelar di Mahaka Square Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Prestasi apik ini ditorehkan setelah mengalahkan tim Borneo FC Esports Samarinda 3-1 di Grand Final. Hazle, jungler Pajajaran Esports Bogor yang identik dengan Lancelot dan Hayabusha nya didapuk sebagai MVP di turnamen ini.

Jalan cukup mulus dilalui oleh Pajajaran Esports Bogor dibabak playoff Liga Esports Nasional. Mereka bisa mengatasi lawan lawannya dengan sangat perkasa.

Tantangan pertama mereka yaitu Pendekar Esports Jakarta Selatan, yang dipulangkan dengan skor 2-0. Setelah melewati Pendekar Esports Jakarta Selatan, tim Jakarta Selatan lain yaitu Onic Miracle juga berhasil ditundukkan dengan skor sama yaitu 2-0.

Di Final Upper Bracket, mereka menghadapi tim Wild Card yang cukup disegani yaitu Borneo FC Esports Samarinda. Borneo FC Esports yang penampilannya cukup konsisten di babak Series Liga 1, bertekad melakukan redemption arc setelah sebelumnya disalip oleh Onic Miracle di kota terakhir yaitu Makassar.

Angan- angan tim Pesut Etam untuk merebut tahta tertinggi di Liga Esports Nasional harus tertahan setelah diturunkan ke Lower Bracket oleh Pajajaran Esports Bogor dengan skor 3-1.

Cerita Cinderella pun berlanjut, Borneo FC Esports Samarinda menjajal tim Gryffin Badung Bali di Fina Lower Bracket. Bak mendapat dukungan dari semesta, mereka menggilas tim kebanggaan warga Bali ini dengan skor telak 3-0, 2 game di awal pun direbut dengan cukup mudah Azy dan kawan kawan.

Di babak Grand Final, setelah tensi yang didinginkan dengan penampilan Eka Gustiwana dan Dimas Senopati yang membawakan anthem Liga Esports Nasional yang berjudul Kitalah Ksatria, Pajajaran Esports Bogor kembali bertemu dengan Borneo FC Esports Samarinda.

Setelah sempat 2 game cepat, di mana Hazle bisa menunjukkan performanya dengan luar biasa. Borneo FC Esports mencuri 1 ronde di game ke 3 dan menumbuhkan asa yang sempat sirna.

Namun di game ke 4, Hazle kembali menunjukkan tajinya yang juga mengangkat performa dari NatexXx, R.Kian Aang, R Kian Widy, dan Rezzz sehingga mereka menutup perlawanan Borneo FC Esports Samarinda dengan skor 3-1. Mahaka Square Kelapa Gading pun bergemuruh menyambut juara pertama dari Liga Esports Nasional 2023.

Babak Playoff yang diikuti oleh 6 tim diantaranya Borneo FC Esport Samarinda, Onic Miracle Jakarta Selatan, Suber 24 Samarinda, Team Gryffin Badung, dan Pajajaran Esports Bogor sejak hari pertama langsung menyuguhkan pertandingan sengit dan penuh strategi.

Liga Esports Nasional sendiri adalah liga terbuka yang diselenggarakan sebagai bentuk komitmen dan keseriusan PBESI dan Garudaku untuk mencapai prestasi tertinggi di perhelatan esports Tanah Air, sekaligus konsistensi sistem pembinaan prestasi berkelanjutan.

Sekretaris Jenderal PB ESI, Frengky Ong mengatakan bahwa Liga Esports Nasional 2023 yang diselenggarakan oleh PB ESI bersama Garudaku sebagai mitra pelaksana, menjadi bukti nyata misi dalam pengembangan ekosistem Esports dan memberikan peluang bagi talenta-talenta berbakat dari seluruh pelosok negeri.

"Kami mengucapkan selamat kepada Pajajaran Esports Bogor yang berhasil meraih gelar prestisius di panggung esports nasional. Tak lupa, kami mengucapkan terima kasih kepada tim-tim Liga 1 Esports Nasional 2023 yang telah memberikan penampilan mengagumkan selama berkompetisi," kata Frengky dalam keterangannya, Selasa (5/12/2023).

"Kami juga berharap, Liga Esports Nasional tahun 2024 dapat menciptakan panggung yang lebih besar dengan melibatkan lebih banyak atlet dan tim serta lebih banyak menyajikan lebih banyak nomor gim, dengan memberikan tempat sejajar untuk gim-gim lokal," tambahnya.

Frengky mengungkapkan bahwa di tahun 2024 Liga Esports Nasional akan kembali hadir dengan semangat, harapan, dan wajah baru. Rencananya 5 kota besar di Indonesia seperti yang sudah di tease di YouTube Garudaku Esi akan menjadi kota baru diselenggarakannya Liga Esport Nasional Series 2024. Kota kota tersebut di antaranya Medan, Padang, Yogyakarta, Samarinda, Manado.

"Semoga penikmat dan penggiat Esports di tanah air yang kotanya dikunjungi oleh Series Liga Esports Nasional bisa ikut menjadi saksi dan sejarah di kancah Nasional," jelasnya.

Tentang Liga Esports Nasional

Liga Esports Nasional adalah liga terbuka yang diselenggarakan sebagai bentuk komitmen dan keseriusan PBESI serta Garudaku untuk mencapai prestasi tertinggi di skena esports Tanah Air. Sekaligus bentuk dari konsistensi PBESI terkait sistem pembinaan prestasi berkelanjutan.

Sistem Liga Esports Nasional akan terdiri dari beberapa tingkatan, dimulai dari Liga 3, Liga 2, dan Liga 1 Esports Nasional. PBESI dan Garudaku juga akan mengatur semua bentuk kompetisi, serta format, lini masa dan peserta liga.

Sistem Liga Esports Nasional mempunyai format hirarki dengan promosi dan degradasi. Tim yang sukses di liga dapat naik lebih tinggi dalam piramida, sementara yang berada di posisi terbawah dapat degradasi lebih rendah lagi.

Editor : Achmad S



Berita Terkait