Wheelchairs For Kids, Bagikan 340 Kursi Roda Gratis untuk Anak Disabilitas di Jatim

© mili.id

Para penerima kursi roda gratis yang diberikan oleh Wheelchairs For Kids, organisasi non profit asal Perth, Australia Barat, di City Of Tomorrow Mall, Surabaya. (Shella/mili.id)

Surabaya - Wheelchairs For kids, organisasi non profit dari Perth, Australia, menyumbang 340 kursi roda gratis kepada anak penyandang disabilitas yang berada di Provinsi Jawa Timur.

Sebanyak 340 kursi roda telah dibagikan secara bertahap dari Agustus hingga Desember ke Kabupaten Magetan, Kabupaten Malang, Kabupaten Trenggalek dan Kota Surabaya. Acara di Surabaya ini sebagai puncak pembagian kursi roda gratis di Jawa Timur, yang bertepatan dengan memperingati Hari Disabilitas Internasional pada 3 Desember 2023 lalu.

Konsulat Jenderal (Konjen) Australia, Fiona Hogart, mengatakan bahwa tujuan Wheelchairs for kids yang bekerja sama dengan Global Village Foundation dalam pendistribusian, agar ia dapat melihat senyum ceria anak-anak yang sebelumnya tidak bisa pergi kemana-mana dengan orang tuanya, kini setelah diberikan kursi roda dapat bermanfaat sesuai kebutuhan masing-masing.

"Tujuannya memang supaya kami semua bisa lihat senyum begini, anak-anak yang dapat kursi roda. Mungkin sebelumnya tidak bisa diajak orang tuanya kemana-mana, dengan kursi roda ini yang pannya agak tebal dan kursi roda ini ringan, kursi roda ini disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak. Jadi rasanya semua bermanfaat bagi anak-anak, terutama bagi orangtuanya," kata Konjen Australia, Fiona Hogart, Selasa (5/12/2023).

Fiona menjelaskan, proses yang dibutuhkan cukup lama hingga kursi roda dapat digunakan oleh penerima. Sebab, kursi roda harus disesuaikan kepada setiap anak dengan kebutuhan yang berbeda.

"Prosesnya lama, ini saja 20 anak yang datang, sama keluarganya. Karena setiap anak lama prosesnya, harus disesuaikan. Terus bisa dilihat kalau mereka belum pernah memakai kursi roda sebelumnya, atau pakai kursi roda untuk orang tua/dewasa bukan untuk anak, jadi harus disesuaikan lagi, dirakit lagi, jadi prosesnya cukup lama," jelas Fiona.

Tak hanya itu, tim fisioterapi dari Perth, Australia juga turut hadir untuk berkonsultasi langsung dengan para orangtua. Fiona menambahkan, adanya kursi roda ini dapat membuat posisi badan anak lebih lurus, yang membuat pencernaan lebih sehat.

"Hari ini kami membawa dua orang psikoterapis dari Perth, Australia Barat, dan menurut mereka kalau sudah berkonsultasi langsung dengan para orang tua. Kursi roda ini karena bantalnya, membuat anak badannya bisa lebih lurus, mereka bisa pencernaannya lebih bagus karena posisinya tidak tidur saja, sudah bisa duduk. Bagian pencernaan, nutrisi, dari segi semuanya bisa lebih sehat," papar dia.

Nantinya, ia berharap jika anak bisa duduk akan mengalami perkembangan yang lebih baik. "Mereka kalau bisa duduk, perkembangannya bisa lebih bagus. Harapannya, anak bisa comfortable, jangan sampai sakit, bisa berkomunikasi dengan orangtua," harapnya.

Selaras dengan Konjen Australia, Masfufa mewakili Ketua Global Village Foundation, menjelaskan kursi roda yang dibagikan telah disesuaikan dengan bentuk tubuh anak.

"Kursi roda yang kami bagikan itu disesuaikan dengan bentuk tubuh anak. Ini untuk mendukung agar posisi tubuh anak optimal (tidak dislokasi)," ujar Masfufa saat ditemui secara terpisah di City Of Tomorrow Mall, Surabaya.

Total keseluruhan, Masfufa menyebut sebanyak 1080 kursi roda telah dibagikan di Jawa Timur dan sebanyak total 2450 kursi roda dibagikan seluruh Indonesia.

Editor : Achmad S



Berita Terkait